Inilah Orang yang Pertama Kali Membangun Masjidil Aqsa

76 views

Di Palestina disanalah Masjid agung Al Aqsa al-Mubarak berada di Kota Al Quds atau Baitul Maqdis, beediri megah dan indah.

Dalam buku Fadhailu al-Masjidi al- Aqsha wa Madinati Baiti al-Maqdisi wa ar-Raddu ‘alaa Mazaa’imi al-Yahudi, Mahdy Saied menjelaskan masjid agung itu usianya sudah sangat tua.

Dari hadits Nabi Muhammad SAW, sebagaimana diriwayatkan Bukhari-Muslim, Al Aqsa merupakan masjid kedua yang dibangun di muka bumi, yakni setelah Masjidil Haram di Makkah al-Mukarramah.

Pada beberapa tafsir, seperti karya Ath Thabari, Ibnu Katsir, dan Al Qurthubi, dikatakan yang pertama kali membangun Masjid Al Aqsa ialah para malaikat.

Hal itu dari perintah dan izin Allah SWT, tempat dan lokasi mereka tentukan bangunan suci tersebut.

Pada umumnya ulama berpendapat bahwa Nabi Adam-lah yang mula-mula mendirikan Al Aqsa sesuai dengan wahyu dari Allah Azza wa Jalla.

Loading...

Adapun bukti mengenai hal itu tak ada bukti yang pasti seperti apa bangunannya. Setelah wafatnya manusia pertama, eksistensi masjid itu terkikis waktu.

Kemudian Nabi IbrahimĀ  merenovasi Masjid Al Aqsa serta meninggikannya atas perintahkan Allah.

Setelah Nabi Ibrahim memindahkan istri dan bayinya, Siti Hajar dan Ismail AS, dari Palestina, Beliau membangun Kabah di Makkah al-Mukarramah.

Beliau Nabi Ibarahim sosok yang mempunyai julukan bapak para nabiĀ  yang pertama-tama merenovasi dua masjid suci sekaligus.

loading...
loading...

Tags: #Masjid Agung #Masjid Kedua #Masjid Pertama