Inilah Penjara Pertama Kali Dalam Islam dan Orang yang Membangunnya

Bagi orang  yang melanggar aturan dan hukum biasanya diadili dan dibina dalam sebuah lembaga pemasyarakatan (lapas) atau yang dikenal dengan penjara.

Menurut Wikipedia lapas atau penjara adalah fasilitas negara sebagai tempat bagi orang yang melanggar hukum agar ditahan dengan paksa untuk mendapat binaan dan hukuman atas perbuatannya.

Bagaimana dengan berdirinya penjara dalam sejarah peradaban Islam?

Pada awal berdirinya Negara Islam dizaman Nabi Muhammad SAW, para penjahat  yang melanggar hukum, dipenjarakan di beberapa tempat.

Seperti di masjid, di rumah orang yang bertugas menjadi keamanan, atau di tenda. Kemudian ada yang ditahan di ruang bawah tanah yang melekat dengan rumah  Umar bin Khattab dan Utsman bin Affan.

Siapa pertama kali yang  membangun penjara khusus dalam sejarah peradaban Islam?

Loading...

Yang membuat penjara pertama kali adalah Ali bin Abi Thalib, khalifah keempat. Ketika Ali menjadi khalifah, wilayah Islam kian luas.

Masjid, rumah, atau tenda sudah tak layak sebagai penjara bagi penjahat terkecuali  ada keputusan  untuk memenjarakan mereka.

Kemudian Ali  memerintahkan agar membagnun rumah  khusus sebagai penjara, dengan pertimbangan bagaimana kondisi manusia di dalamnya. Tempat yang dibangun sebagai  penjara ada di kota Kufah.

Khalifah Ali bin Abi Thalib adalah menantu nabi yang  lahir 13 Rajab, tiga puluh tahun setelah Tahun Gajah.

Pada saat itu Makkah mengalami  kekeringan dahsyat. Ali dirawat dalam pengasuhan Nabi Muhammad SAW sejak kecil.

Ali juga  anak pertama yang mengakui kenabian Nabi Muhammad SAW dan Ali menemani Nabi Muhammad dalam setiap langkah.

Ali adalah anak yang cerdas dan bijaksana dalam penilaian. Dia biasa menghafal ayat-ayat Alquran yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Dia juga menghafal hadits dan menjadi salah satu juru tulis Nabi.

Ali punya pengetahuan yang detail tentang agama karena itulah  dia dianggap sebagai salah satu ulama dan ahli hukum dari para sahabat yang mulia.

Tags: #Masuk Penjara #Penjara Para Penjahat #Perjara Pertama