Inilah Perbuatan yang Dapat Menolong Manusia di Dunia dan Akhirat

320 views

Shalat adalah pekerjaan wajib yang harus dilakukan oleh setiap muslim. Sehingga jika  dikerjakan akan mendapat pahala, dan jika ditinggalkan akan mendapatkan dosa.

Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya yang pertama kali dihisab pada diri hamba pada hari kiamat dari amalannya ialah shalatnya. Bila baik shalatnya maka ia telah lulus dan beruntung, dan bila rusak shalatnya maka ia kecewa dan rugi.” (Abu Hurairah r.a)

Namun pada kenyataannya tak sedikit orang yang masih lalai  dalam shalat. Padahal, Allah mewajibkan shalat sebagai kasih sayang agar kelak terhindar dari siksa neraka. Manusia terlalu mementingkan duniawi yang fana daripada akirat yang keka.

Shalat adalah salah satu ibadah mahdoh yaitu  ibadah yang dilakukan diri sendiri dan langsung kepada Allah SWT.

Shalat menurut bahasa adalah doa. Maka dengan demikian jadikanlah shalat sebagai prioritas bukan sebagai rutinitas.

Tak sedikit manusia hidupnya rumit, susah, melarat dan banyak masalah. Kemudian ia melakukan perbuatan yang tidak Allah ridhoi.

Loading...

Sebagaimana Allah berfirman dalam Alquran surat Al-Ankabut ayat 45;

اتْلُ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِنَ الْكِتَابِ وَأَقِمِ الصَّلَاةَ ۖ إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَىٰ عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنكَرِ ۗ وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ ۗ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ

“Bacalah Kitab (Al-Qur’an) yang telah diwahyukan kepadamu (Muhammad) dan laksanakanlah shalat.

Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar. Dan (ketahuilah) mengingat Allah (shalat) itu lebih besar (keutamaannya dari ibadah yang lain). Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Dari ayat diatas dapat disimpulkan bahwa shalat dapat menjauhkan diri dari perbuatan (keji dan mungkar). Jika shalat tak membuat takwa maka akan membuat semakin jauh dari Allah.

Dalam melaksanakan solat  pasti banyak sekali godaan-godaan yang membuat lalai akan perintah-Nya. Jika kita selalu berjuang untuk mengalahkan godaan itu pasti Allah akan menolong kita.

Dengan demikian maka solatlah karena solat dapat menyelamatkan manusia di dunia dan di akhirat dengan syarat harus istiqomah dalam mengerjakannya.

Tags: #Penyelamaaat Akhirat #Penyelamat Dunia #Perbuatan Manusia