Inilah Perbuatan yang Membuat Hati Tak Tenang dan Resah

Dari Nawwas bin Sam’an, dari Rasulullah SAW, beliau bersabda, ‘Kebaikan adalah akhlak yang baik, dan dosa adalah apa yang terasa menganggu jiwamu dan engkau tidak suka jika diketahui manusia.” (HR. Muslim)

Dari Hadits yang ada di atas setidaknya dapat disimpulakan bahwa perkara yang menyebabkan jiwa tak tenang, membuat hati gelisah adalah perbuatan dosa.

Oleh Karena itu, hati adalah sebuah parameter jika seseorang ingin melakukan seuatu.

Hal Ini senada dengan hadits hasan berikut ini,

Dari Wabishah bin Ma’bad dia berkata, “Saya mendatangi Rasulullah SAW, lalu beliau bersabda, ‘Engkau datang untuk menanyakan kebaikan?’

Saya menjawab, “Ya.”

Loading...

Beliau bersabada, ‘Mintalah pendapat dari hatimu. Kebaikan adalah apa yang jiwa dan hati tenang karenanya, dan dosa adalah apa yang terasa mengganggu jiwa

dan menimbulkan keragu-raguan dalam dada, meskipun orang-orang memberi fatwa kepadamu dan mereka membenarkannya.” (HR. Ahmad)

Bila jiwanya merasa tenang hendaklah ia melakukannya, bila sebaliknya maka hendaklah ia meninggalkannya. Hal ini karena jika seseorang berbuat dosa, dirinyalah yang lebih dahulu mengetahuinya daripada orang lain.

Tabiat dari melakukan dosa  membuat hati gundah, depresi, dan gelisah. Misal seorang pencuri.

Sangat benar ia berhasil mencuri barang orang lain, akan tapi dalam hati kecilnya rasa khawatir dan cemas akan selalu merasukinya.

Khawatir bisa ketangkap basah orang atau jika berhasil pada saat itu maka lain waktu dapat terungkap lagi kasusnya.

Al hasil, ayo kita bersama-sama berbondong-bondong meninggalkan perkara yang membuat hati gelisah dan gundah gulana.

Sejatinya, dosa-dosalah yang selama ini menumpuk dan membuat hati resah dan tidak tenang.

Tags: #Hati Gundah #Hati Mati #Hati Resah