Inilah Waktu Mustajab Untuk Memohon Ampunan Allah SWT

1067 views

Sahur adalah aktivitas makan di penghujung malam. Hal ini biasanya di kerjakan oleh orang yang akan berpuasa. Maka orang yang hendak berpuasa besoknya jangan lewatkan makan sahur ini.

Ada keberkahan dalam sahur. Rasulullah memerintahkan agar umatnya tidak meninggalkan sahur walau dengan seteguk air putih saja. Hal ini yang membedakan puasa umat Muhammad dengan umat sebelumnya.

Di Dalam waktu sahur, juga waktu mustajab untuk berdoa. Alquran menjelaskan bahwa seseorang yang rajin beristighfar di waktu sahur maka ia memiliki sifat ahli surga.

Allah menceritakan perihal sifat orang ahli surga:

الصَّابِرِينَ وَالصَّادِقِينَ وَالْقَانِتِينَ وَالْمُنْفِقِين وَالْمُسْتَغْفِرِينَ بِالْأَسْحَارِ

“Merekalah orang-orang yang penyabar, jujur, tunduk, rajin berinfak, dan rajin istighfar di waktu sahur.” (QS. Ali Imran: 17)

Ulama alim sosok Ibnu Katsir menuturkan bahwa, ayat diatas menjelaskan tentang keutamaan memperbanyak istighfar di waktu sahur.

Dalam sebuah riwayat, bahwa Nabi Ya’qub As ketika menasehati anaknya berkata;

سَوْفَ أَسْتَغْفِرُ لَكُمْ رَبِّي

“Saya akan memohonkan ampun kepada Rabku untuk kalian.” (QS. Yusuf: 98)

Loading...

Pada kitab Tafsir Ibnu Katsir dijelaskan bahwa, Nabi Ya’qub mengakhiri permohonan ampun sampai pada waktu sahur.

Nabi SAW Bersabda;

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ: مَنْ يَدْعُونِي، فَأَسْتَجِيبَ لَه يَسْأَلُنِي فَأُعْطِيَهُ، مَنْ يَسْتَغْفِرُنِي فَأَغْفِرَ لَهُ

“Pada setiap malam, Allah ta’ala turun ke langit dunia, ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Allah berfirman: “Siapa yang berdoa kepada-Ku akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku akan Aku beri. Dan siapa yang memohon ampunan kepada-Ku akan Aku ampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dengan demikian jangan lewatkan kesempatan ini. Allah telah menawarkan pada hamba-Nya akan memberikan ampunan bagi siapa saja yang minta ampun di waktu sahur.

Tags: #Ampunan Dosa #Ijabahnya Doa #Waktu Ijabah