Inti Sari Ibadah yang Dijelaskan Para Ulama

187 views

Ibadah merupakan sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Alquran menyebutkan bahwa manusia dan jin diciptakan oleh Allah SWT, tidak lain adalah untuk beribadah.

Allah SWT berfirman:

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

“Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.” (QS Az Zariat: 56)

Sesungguhnya apa pengertian ibadah menurut ajaran Islam?

Ibadah artinya, tunduk, patuh, dan merendahkan diri. Adapun menurut istilah punya dua makna, yakni makna umum dan makna khusus.

Loading...

Menurut Syaikh Shaleh Al Utsaimin ibadah adalah mengabdi pada Allah dengan penuh cinta (mahabah) dan pengagungan (ta’zhim) dalam menjalankan perintah-Nya dan menjauhi laranganNya.

Pengertian tersebut disandarkan kepada ayat Alquran.

وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِيَعْبُدُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ حُنَفَاءَ وَيُقِيمُوا الصَّلَاةَ وَيُؤْتُوا الزَّكَاةَ ۚ وَذَٰلِكَ دِينُ الْقَيِّمَةِ

Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus,

dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus.” (QS Al Bayyinah: 5)

Ibnu Taimiyah menjelaskan makna secara khusus, “Ibadah adalah seluruh apa yang dicintai dan diridhai Allah SWT baik berupa ucapan maupun perbuatan yang zhahir (nyata) maupun yang bathin (tidak nyata),

seperti khauf (takut), tawwakal (berserah diri), shalat, zakat, puasa, dan lain sebagainya dari apa yang disyariatkan dalam Islam”.

Dijelaskan Syaikh Abdurrahman bin Hasan dalam Fathul Majid, itu mencangkup semua sisi ibadah yaitu ibadah hati, lisan, dan anggota tubuh.

Ibadah yang Allah perintahkan itu kebermanfaatan akan kembali pada manusia itu sendiri.

Ibadah yang dilakukan manusia tidak akan menambah kemuliaan Allah. Maksiat yang dilakukan manusia juga tidak akan mengurangi kemuliaan Allah SWT.

Tags: #Esensi Ibadah #Ibadah Hamba #Inti Ibadah