Istri Lebih Dominan di Dalam Keluarga? Ini Penyebabnya

787 views

Didalam hubungan rumah tangga peran antara suami dan istri harus seimbang, namun bagaimana jika seroang istri yang lebih dominan?

Jika seroang suami yang lebih dominan rasanya wajar-wajar saja karena suami adalah kepala rumah tangga serta masyarakatkan pun menerimanya.

Lalu bagaimana jika sebutan “suami takut istri” disematkan kepada suami yang didalam kesehariannya harus mengikuti apa kata istri, ia menyerahkan segala keputusan rumah tangga kepada istrinya, ia takut jika istrinya marah dan lain semacamnya.

Hal semacam ini bisa membuat suami merasa tidak nyamandisebabkan oleh posisi yang seperti ini.

Sebutan “suami takut istri” disematkan kepada seorang suami yang dalam kesehariannya selalu menuruti apa yang dikatakan istri, takut bila istrinya marah, menyerahkan berbagai keputusan dalam rumah tangga kepada istrinya, dan lainnya yang semacam itu.

Dominasi istri dalam rumah tangga diyakini menempatkan suami dalam posisi tak nyaman.

Loading...

Mengapa Istri Mendominasi?
Psikolog Yulia Wahyu Ningrum, S.Psi, M.Psi, Direktur Biro Psikologi Mata V Hati, Samarinda, Kalimantan Timur memaparkan bahwa biasanya wanita yang akan dominan didalam keuluarga itu memiliki karakterseperti ini:

  • Mandiri
  • Egois
  • Percaya diri tinggi
  • Keras kepala
  • Labil

Karakter istri yang mendominasi itu biasnaya dipengaruhi oleh banyak hal diantaranya adalah:

1. Pola Asuh Istri
Bisa jadi didalam pola asuhnya ia memiliki ayah yang kurang memeprhatikan atau tidak berperan dalam pertumbuhannya. Yang berperan didalam keluarganya dan yang sellau mengurusnya hanya bunya sedangkan ayahnya tidak ikut andil.

Ayannya hanya berperan mencari nafkah dan memberi nafkah sehingga pola seperti inilah yang iia tiru didalam keluarganya.

2. Trauma
Bisa jadi ia memiliki rasa trauma atas perlakuan ayahnya terhadap ibunya. Sehingga rasa trauma ini membuat ia tidak percaya kepada laki-laki dan selalu bersikap keras kepada suamianya agar ia tidak tertindas sama seperti kisah ibunya, ia tidka ingin kisah ibunya terulang kepadanya.

3. Memiliki Kelebihan Melebihi Suaminya
Istri yang lebih tinggi pengahasilannya, atau pendidikannya, karirnya dan masih ada banyak faktor yang membuatnya merasa unggul dari suaminya.

4. Istri Memiliki Krakter Pemimpin
Ada seseorang yang memang dari bawannya ia menjadi pemimpin dan bisa jadi ia terapkan didalam keluarganya juga kepada suaminya.

5. Posesif dan Cemburuan
Didalam hubungan rumah tangga rasa cemburu memang dibutuhkan akan tetapi bila sudah posesif dan berlebihan maka yang pasti akan membuat suami terkekang karena istrinya akan membatasi suaminya. Serta setiap gerak geriknya dibatas olehnya.

Dan masih banyak hal lain yang mempengaruhi karakter sitri yang menjadi dominan dari pada suaminya. Diakui Yulia, yang juga bertugas di Dinas Kesehatan Kalimantan Timur ini, ia mengatakan bahwa tidak semua latar belakarang tersebut membuat seorang istri dominan kepada suaminya.

Terkadang sukap suamilah yang membuat istri dominan contohnya karena suami mendorong isrti bersikap demikian, karena suaminya benar-benar takut kehilangan istrinya, suami yang rendah hati, Pernah melakukan kesalahan serta ingin membahagiakan istrinya.

Alasan lainnya kenapa seorang istri dominan adalah dikarenakan desakan bahkan keterpaksaan. Contohnya ketika suami tidak bisa menjadi kepala keluarga sepenuhnya sehingga jelas istri harus bertindak tegas.

Bahkan menurut yulia terkadang suami memang menyerahkan segala urusan keluarganya kepada istrinya ia hanya bekerja dan hanya mencari nafkah saja. Bisa jadi pula suami yang jarang pulang bahkan dalam hitungan tahun atau bulan. [ummi-online.com]

loading...
loading...

Tags: #Alasan Kenapa Istri Dominan #Penyebab Istri Dominan