Istri Tak Menghargai Suami, 3 Perkara Ini Penyebabnya

3829 views

Istri zaman sekarang banyak yang hanya mementingkan dirinya sendiri. Lalai akan kewajibannya sebagai seorang istri bahkan seorang ibu rumah tangga. Acuh tak acuh pada himbauan suami sebagai pemimpin rumah tangga. Bahkan sampai lupa mengurus anak-anak.

Ada yang lebih parah, yaitu main seorang dibelakang suami. Keluar rumah tanpa izin suaminya, sama sekali tak patuh pada perintah suaminya.

Sebagai bahan renungan bagi suami-istri agar bisa mengoreksi diri. Inilah 3 penyebab yang membuat istri tak menghargai suaminya:

Mencari Nafkah Sendiri
Sang istri panting tukang sendiri, atau bahkan sang suami malah makan dari hari keringat istri. Dalam rumah tangga jika hal seperti ini terjadi maka salah satu tanda sang istri akan merasa sok karena ia yang mencari nafkah padahal suami bisa jika mencari nafkah keluarga.

Itulah resiko punya istri wanita karir. Malah disisi lain di buat enak sama suami karena tak usah sulit-sulit mencari nafkah. Tapi perlu suami ketahui bahwa salah satu alasan suami menjadi pemimpin adalah karena seorang suamilah yang wajib menafkahkan sebagian hartanya untuk istri dan keluarganya.

Allah berfirman;

Loading...
الرِّجَالُ قَوَّامُونَ عَلَى النِّسَاءِ بِمَا فَضَّلَ اللَّهُ بَعْضَهُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ وَبِمَا أَنفَقُوا مِنْ أَمْوَالِهِمْ ۚ فَالصَّالِحَاتُ قَانِتَاتٌ حَافِظَاتٌ لِّلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ اللَّهُ ۚ وَاللَّاتِي تَخَافُونَ نُشُوزَهُنَّ فَعِظُوهُنَّ وَاهْجُرُوهُنَّ فِي الْمَضَاجِعِ وَاضْرِبُوهُنَّ ۖ فَإِنْ أَطَعْنَكُمْ فَلَا تَبْغُوا عَلَيْهِنَّ سَبِيلًا ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلِيًّا كَبِيرًا

“Laki-laki (suami) itu pelindung bagi perempuan (istri), karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (perempuan), dan karena mereka (laki-laki) telah memberikan nafkah dari hartanya. Maka perempuan-perempuan yang shalih adalah mereka yang taat (kepada Allah) dan menjaga diri ketika (suaminya) tidak ada, karena Allah telah menjaga (mereka).
Perempuan-perempuan yang kamu khawatirkan akan nusyuz, hendaklah kamu beri nasihat kepada mereka, tinggalkanlah mereka di tempat tidur (pisah ranjang), dan (kalau perlu) pukullah mereka. Tetapi jika mereka menaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari alasan untuk menyusahkannya. Sungguh, Allah Mahatinggi, Mahabesar.” [An-Nisa/4:34]

Jika kau ingin istrimu menghargaimu, maka penuhilah hak nafkah untuk istri dan keluargamu.

Dimanja Keluarganya
Istri yang terbiasa dimanjakan oleh keluarganya ia akan cenderung tidak menghargai orang lain bahkan suami. Kepada orangtua, ajarilah anak gadismu menghargai orang lain dengan sikap dan perkataan yang baik. Kasihanilah laki-laki yang menikahinya kalau tidak Maka Anda termasuk kategori orangtua yang ‘gagal’ dalam mendidik anak.

Egois
Egois juga salah satu Penyebab istri tak menghargai suami. Istri dengan sifat egosentris suka menafikan keberadaan yang lain. Jika seorang istri yang hanya fokus dengan dunianya sangat mungkin suaminya tersiksa karena istri tipe biasanya bermain “playing victim”.

Tags: #Istri Acuh Tak Acuh #Istri Egois #Istri Nakal