Jagalah Mata Dari 4 Perbuatan Maksiat Ini

1059 views

Manusia diingatkan agar menjaga seluruh anggota badannya supaya tidak berlaku maksiat. Karena semua itu akan dihisab kelak di padang mahsyar.

Dalam kitab Bidayatul Hidayah Imam Al Ghazali menjelaskan kepada manusia agar mengada tujuh tujuh anggota tubuh yakni mata, telinga, lidah, perut, kemaluan, tangan dan kaki. Hendaknya kita dipelihara dari empat perkara ini:

Pertama, memelihara mata dari melihat dan menatap orang yang bukan mahramnya.

Kedua, menjaga mata agar tidak melihat foto-foto atau gambar-gambar yang sekiranya dapat membangkitkan libido.

Ketiga, menjaga mata supaya tidak melihat orang lain lebih rendah dari dirinya atau memandang dengan pandangan menghina.

Keempat, memelihara mata dan hindari dari melihat aib orang lain.

Loading...

Imam Al Ghazali juga menjelaskan bahwa manusia dikaruniai mata agar manusia dapat melihat segala sesuatu yang baik bukan melihat maksiat. Dan dapat menggunakan matanya dalam menunaikan segala hajatnya dalam hak kebajikan.

Serra supaya dapat melihat keajaiban dan keindahan langit dan bumi. Sehingga manusia bisa merenungi kekuasaan Allah serta manusia dapat mengambil iktibar darinya. Dengan demikian peliharalah mata dari empat perkara tersebut.

Allah berfirmah;

الْيَوْمَ نَخْتِمُ عَلَىٰ أَفْوَاهِهِمْ وَتُكَلِّمُنَا أَيْدِيهِمْ وَتَشْهَدُ أَرْجُلُهُم بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ

“Pada hari ini Kami tutup mulut mereka, dan berkatalah kepada Kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan.” (QS Yasin: 65).

Juga dalam ayat lain Allah berfirman;

يَوْمَ تَشْهَدُ عَلَيْهِمْ أَلْسِنَتُهُمْ وَأَيْدِيهِمْ وَأَرْجُلُهُم بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

“Pada hari (ketika), lidah, tangan dan kaki mereka menjadi saksi atas mereka terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan.” (QS An Nur: 24).

Imam Al Ghazali memberi penjelasan bahwa anggota tubuh manusia kelak akan bersaksi dihadapan Allah menyampaikan segala perbuatan yang pernah dilakukannya di dunia. Jadi jagalah dengan baik-baik seluruh anggota badan dasri perbuatan maksiat.

Tags: #Maksiat Mata #Mata Jelalatan #Pandangan Dosa