Jangan Lakukan 4 Hal Ini Ketika Bertengkar Sama Pasangan

1378 views

Tidak bisa dipungkiri bahwa pertengkaran didalam pernikahan tidak bisa dihindari, kita akan sering mengalaminya dan akan terus terjadi namun kita harus memiliki sikap dewasa ketika menghadapi pertengkaran.

Setidaknya setelah bertengkar kita harus segera baikan dan jangan sampai memperburuk keadaan yang disebbakan oleh salah dalam bersikap kepada pasangan.

Ada beberapa sikap yang sebaiknya dihindari ketika bertengkar dengan pasangan.

Dengan menghindari beberapa sikap ini maka dihadapkan masalah yang dihadapi segera selesai dan pertengkaran segera mereda sehingga hubungannya bisa harmonis kembali.

1. Ngambek dan Saling Diam
Ketika bertengkar kita memang membutuhkan ruang untuk sendiri namun jangan sampai berlebihan.

Jangan ngambek dan terlalu lama diam, sebab salah satu kesalahan terbesar pasangan ketika bertengkar adalah saling diam. Itu Rachel A. Sussman

Loading...

Jika kita memang membutuhkan waktu menyendiri terlebih dahulu maka kita harus jujur kepada pasnagan kita, misal membutuhkan waktu sehari untuk menenangkan diri, sebaiknya kita harus mengatakan kepada pasangan kita.

2. Merasa Benar dan Mencari Pembelaan Atas Perbuatannya
Mungkin penyebab terjadinya pertengkaran dikarenakan tubuh sedang capek, sehingga masalah kecil saja bisa langsung membuat kita marah.

Maka cobalah menghindari pembelaan setelah prtengkaran selesai. Sebab mencari alasan untuk membela diri dan menyalahkan pasangan atas pertengkaran yang terjadi hanya akan membuat keadaan semakin parah.

3. Tidak Memberi Waktu Pada Pasangan Untuk Menenangkan Pikiran
Menurut Dr. Megan Flemming, psikolog klinis dan ahli terapi seks, mengatakan bahwa ketika pasangan bertengkar yang disebabkan oleh salah satu pasangan yang lelah, maka ia tidak akan bisa memproses pikirannya.

Sehingga pasangan kita membutuhkan waktu untuk menenangkan pikirannya dan menjernihkan pikirannya.

Sebagai pasangan jangan merasa tersinggung apalagi marah ketika pasangannya membutuhkan waktu sendiri beberapa waktu.

4. Minta Maaf Tapi Tidak Tulus
Jangan asal mengatakan maaf ketika bertengkar dengan pasangan. Jika perkataan maaf hanya diobral dan tidak tulus dan tidak ada niat untuk memeprbaiki keadaan maka masalah baru akan muncul.

Jika sama-sama emosi dan tidak tenang maka lebih baik tenangkan pikiran terlebih dahulu, baru jika pertengakrannya reda dan lebih tenang barulah mengutrakan kata maaf yang tulus didalam hati.

Jadikan pertengkaran sebagai pelajaran dan jangan sampai berlarut-larut. Cukup ambil hikmahnya saja agar lebih dewasa dan mengenal satu sama lain. [fimela.com]

Tags: #Bertengkar #Cara Baikan #Setelah Bertengkar #Tips Setelah Bertengkar