Jangan Remehkan Fakir Miskin, Tanpa Mereka Tak Ada Orang yang Kaya

175 views

Allah menciptakan sesuatu dengan berpasang-pasangan dan tidak sama. Ada hikmah besar di balik semua itu.

Salah satu contohnya adalah orang kaya dan orang miskin. Dua pasangan ini sangat jauh perbedaannya namun bisa saling melengkapi satu sama lainnya.

Namun banyak di antara kita yang meremehkan orang miskin. Dan sedikit orang yang peduli kepada orang-orang miskin.

Padahal orang disebut kaya karena ada orang yang miskin. Termasuk orang miskin di sekitar kita, maka hendaknya kita akan banyak bersyukur karena sering melihat ke bawah.

Rasulullah SAW bersabda, “Carilah keridhaanku dengan berbuat baik kepada orang-orang lemah kalian, karena kalian diberi rezeki dan ditolong disebabkan orang-orang lemah di antara kalian,” (Dishahihkan Al-Imam Al-Albani dalam Ash-Shahihah no. 779)

Dalam riwayat Nasa’i, “Sesungguhnya Allah akan menolong umat ini dengan sebab orang-orang yang lemah dari mereka, yaitu dengan doa, shalat dan keikhlasan mereka,” (HR. Nasa’i 3179)

Loading...

Ibnu Hajar Al-Asqalani menukilkan penjelasan Ibnu Batthal ra, “Tafsir hadits ini bahwa orang-orang lemah lebih ikhlas dalam berdoa dan lebih khusyu’ dalam ibadah.

Karena hati mereka sangat sedikit bergantung dengan hirup pikuk kehidupan dunia.

Karenanya Nabi SAW berwasiat dalam banyak hadis agar berkasih sayang kepada orang yang miskin dan lemah,” (Fathul Bari 6/89, Darul Ma’rifah, Beirut, 1397 H, syamilah).

Berbuat baik kepada orang miskin adalah amalan soleh. Dan jika kita berbuat demikian bisa jadi kita didoakan oleh mereka.

Janganlah kita sering meremeh orang miskin walaupun penampilan mereka seperti diremehkan, tetapi bisa jadi mereka lebih mulia dsari kita.

Rasulullah SAW bersabda, “Mungkin saja orang yang berpenampilan kusut, senantiasa diusir dari pintu rumah orang, akan tetapi bila bersumpah memohon sesuatu kepada Allah, niscaya Allah mengabulkannya,” (HR. Muslim).

Maka, walaupun kita orang kaya jangan dipenuhi hati kita dengan kesombongan. Sebab, harta yang kita miliki sejatinya bukan milik kita. Di dsalamnya Ada hak orang lain, termasuk orang miskin.

Tags: #Orang Kaya #Orang Miskin