Jatuh Cinta Pada Pasangan Bisa Meningkatkan Kekebalan Tubuh

1029 views

Jatuh cinta bisa membuat seseorang merasa bahagia dan merasa hidup lebih berwarna. Tidak hanya itu, jatuh cinta ternyata bisa membuat tubuh semakin sehat dan bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Kenapa demikian berikut ini asalannya:

Sebuah penelitian pada tahun 2018 menungungkapkan bahwa ketika seseorang jatuh cinta maka perasaannya akan mempengaruhi sistem imun tubuh mereka.

Di dalam penelitian tersebut terlibat 47 mahasiswi yang berkuliah di Amerika. Yang mana mereka baru memasuki kuliah ydan hubungan mereka berlangsung satu bulan. Mereka yang diteliti memiliki kesamaan dalam kondisi sebagai berikut:

  • Heteroseksual
  • Tidak sedang hamil atau menyusui
  • Bukan perokok aktif
  • Sedang tidak memakai obat-obatan yang berkaitan dengan jantung dan sistem imun
  • Akan berada di kota yang sama selama 6 bulan ke depan
  • Pada penelitian tersebut, mereka harus menjawab pertanyaan, “Apakah Anda sudah jatuh cinta dengan pasangan Anda?”

Hasilnya 36% perempuan yang mengaku mulai mencintai pasangannya memiliki peningkatan aktivitas sistem pertahanan tubuh terhadap virus. Perubahan ini terlihat jelas dibanding mereka yang tidak jatuh cinta.

Kemungkinan besarnya hal ini disebabkan oleh hormon oksitosin ketika seseorang jatuh cinta dan berada dekat orang yang dicintai. Hormon tersebut bisa membuat imun lebih baik. Maka dari itu orang yang sedang jatuh cinta mereka lebih tahan terhadap serangan penyakit karen jatuh cinta bisa meningkatkan kekebalan tubuh mereka.

Tidak hanya sedang jatuh cinta ternyata ada beberapa hal yang bisa meningkatkan imun tubuh diantaranya adalah:
Menyemangati teman terutama ketika sedang sedih dan down, karena tidak semua orang merasakan jatuh cinta setiap saat namun kita bisa mendapatkan cinta dan kasih sayang dari orang sekitar.

Loading...

Diantaranya, hubungan baik dengan keluarga, teman dan orang sekitar juga memberi efek jatuh cinta. Ketika merasa dihargai, ketika mendapatkan dukungan, pegangan tangan atau pelukan sangat bisa membuat seseorang bahagia sehingga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh juga bisa mencegah penyakit.

Kerena ketika sedang jatuh cinta ada pelepasan hormon yaitu oksitosin. Hormon ini akan muncul ketika seseorang sedang berpelukan atau mengalami sentuhan fisik dengan orang yang disayang serta merasa terkoneksi.

Meskipun tidak sedang jatuh cinta jaga hubungan baik dan positif dengan siapapun karena sangat penting untuk kesehatan jiwa dan raga. Bukan hanya jatuh cinta kepada pasangan saja yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Dengan memiliki hubungan baik maka akan mendapatkan limpahan kasih sayang dari orang terdekat seperti keluarga dan sahabat. Jatuh cinta bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tidak salah bahwa jatuh cinta bisa memberi dampak yang baik bagi kesehatan. [hellosehat.com]

Tags: #Efek Jatuh Cinta #Jatuh Cinta #Manfaat Jatuh Cinta #Tubuhnya Kebal