Jika Ayah Melihat Aurat Anak Perempuannya, Ini Hukumnya

1892 views

Aurat adalah hal yang tidak boleh dilihat oleh Selain muhrim, lantas apalah boleh anak perempuan terlihat auratnya didepan ayahnya sendiri karena ayah termasuk muhrim bagi sang anak.

Sebab ada banyak kekhawatiran bagi orang tua soal batas aurat anak perempuannya yang bisa dilihat oleh sang ayah? Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdillah bin Baz pernah menyampaikan bahwa ia pernah menjawab sebagai ketua al-Lajnah ad-Daimah, ditanya,

“Bahwa ia pernah memasuki kamar mandi bersama anak perempuannya yang masih berumur 5 dan 7 tahun. Ia berkata bahwa ia membantu membantu membersihkan rambut anak mereka dan bertanya apakah berdosa jika ia melihat aurat mereka?”

Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdillah bin Baz rahimahullah menjawab,

“Hal yang demikian tidaklah mengapa, selama anaknya tersebut berumur dibawah 7 tahun, maka tak ada aurat yang terlarang dilihat bagi sang ayah.

Ia pun mengatakan bahwa tak ada masalah jika ia membantu memandikan anaknya selama dibawah umur 7 tahun. sedangkan jika anaknya berumur 7 tahun lebih, maka ayahnya tidak boleh melakukannya lagi.”

Loading...

Sebagai anak perempuan maka harus menutup auratnya dan sang ayah hanya boleh menyentuh apabila memiliki hajat saja.

Jika ada halangan atau sanga anak tidak bisa mandi maka sang ayah boleh memandikan.

Maka dengan demikian, boleh melihat aurat anak laki-laki atau perempuannya ketika berumur dibawah 7 tahun.

Namun apabila umur anaknya sudah lebih dari tujuh tahun maka tidak diperbolehkan melihat aurat anaknya kecuali ada hal yang mendesak.

Wallahu a’lam. [islampos.com]

 

loading...
loading...

Tags: #Aurat Anak di Depan Ayahnya #Aurat Anak Perempuan