Jika Berada di Masjid Kerjakanlah 5 Amalan Baik Ini

698 views

Masjid adalah tempat ibadah umat muslim. Tak boleh sembarang orang masuk didalamnya harus dengan adab dan tata krama yang sesuai ajaran islam.

Ketika kita ada di dalam masjid maka kita harus memuliakan masjid sebab itu adalah salah satu ikon agama. bagi siapapun yang ada di dalam masjid ia hendaknya mempperhatikan hal-hali di bawah ini:

1. Tidak Gaduh di dalam masjid.
2. Sebelum duduk, shalat dua rakaat tahiyatul masjid. Jika ada di masjidil haram, maka sunnah thawaf 7 kali putaran.
3. Shalat berjamaah. Karena shalat jamaah lebih utama daripada shalat sendiri dengan 27 derajat.
4. Berdzikir setelah shalat dan i’tikaf.

Jika sudah selesai malaksanakan solat subuh berjamaan, maka dianjurkan melanjutkan dzikir pagi. Dan, jika mempunyai waktu yang luas dan lowong, maka disunahkan i’tikaf di masjid hingga matahari terbit, kemudian shalat dua rakaat sebelum keluar dari masjid,

Rasulullah SAW bersabda dalam hadis shahih yang diriwayatkan oleh Imam Turmudzi dari Anas bin Malik RA, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda,
“Siapa yang melakukan shalat shubuh berjamaah, kemudian duduk berdzikir kepada Allah SWT hingga matahari terbit, kemudian melakukan shalat dua rakaat, maka pahalanya seperti pahala haji dan umrah.” Anas RA mengatakan bahwa Rasulullah SAW menegaskan, “Sempurna, sempurna, sempurna.”

5. Melaksanakan amalan-amalan yang dianjurkan Nabi. Mengaji Al-Quran, menghafalkannya atau mengkaji ilmu. Dan tidak melakukan kemaksiatan apa pun di dalam masjid, baik menggunjing orang lain, mengotori masjid dan lain sebagainya.

Loading...

Tags: #Amalan Baik #Duduk di Masjid #I'tikaf di Masjid