Jika Ingin Selalu Dekat Sama al-Qur’an, Lakukan 6 Hal Ini

1646 views

Sebagian orang Islam terkadang merasa menyesal karena telah lamah jauh dari al-Qur’an. Hal seperti ini biasanya akan dirasakan ketika usia sudah mulai menua.

Ada juga sebagian orang yang selalu ingin dekat dengan al-Qur’an, tapi tidak memiliki waktu yang pas atau belum tahu bagaimana cara terbaik untuk memulainya.

Sebenarnya kamu bisa memulai kapan saja dan dimana saja, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan:

1. Meminta Pertolongan Allah
Senjata utama orang Islam adalah doa, jadi jika kamu mengamalami kesulitan hidup dan selalu ingin dekat dengan al-Qur’an maka mulailah minta kekuatan kepada Allah.

Agar kamu diberi hidayah dan selalu diberi waktu untuk mecintai al-Qur’an setiap saat.

2. Membaca al-Qur’an Terjemah
Jika memilih terjermah yang mudah kamu akan mendapatkan banyak manfaat saat membaca al-Qur’an, sehingga mudah dipahami dan bisa mendapat pandangan tentang isi al-Qur’an.

Loading...

3. Menghafal Sedikit-sedikit
Jika belum lancar membaca al-Qur’an dengan baik, kamu bisa mulai mendengarkan surah-surah pendek dan mempelajari maknanya dari audio atau video.

Hafalkan beberapa ayat pendek yang mudah dan bisa kamu baca dengan lancar.

4. Belajar Tafsir al-Qur’an
Belajar tafsir al-Qur’an akan membuat kamu lebih dekat dengan al-Qur’an, karena tujuan dari tafsir ini adalah mencari arti sebenarnya dari makna ayat al-Qur’an yang kamu baca.

5. Belajar Tajwid
Belajar tajwid agar lebih fasih membaca al-Qur’an. Tajwid ini dikhususkan untuk belajar cara pengucapan setiap huruf dalam al-Qur’an dengan benar.

6. Pahami Makna Tiap Ayat al-Qur’an
Cara terakhir agar selalu dekat dengan al-Qur’an adalah dengan belajar cara memahmi setiap makna ayat al-Qur’an yang kamu baca.

Jika sudah tahu arti dan makna sebenarnya dari ayat yang kamu, makan lebih cinta al-Qur’an dan lebih mengkhayati setiap membacanya.

Faktanya, sekitar 80% umat Islam bahkan tidak tahu makna dari surah al-Fatihah.

Sekali pun bisa memahami, tapi tidak bisa memberi penjelasan yang akurat arti sebenarnya yang terkadung dalam surah al-Fatihah tersebut. Padahal surah al-Fatihah selalu dibaca setiap sholat wajib dan sunnah.

loading...
loading...

Tags: #Cinta al-Qur'an #Kitab Suci #Menghafal al-Qur'an