Jika Ingin Terkabul, Ini yang Harus Disandingkan Dengan Doa

179 views

Orang yang beriman kepada Allah pasti akan diberikan ujian. Dari kemiskinan, kesulitan, kegagalan, musibah dan masih banyak lagi macamnya.

Sesungguhnya tak ada yang bisa menolong kecuali Allah Yang Maha Penyayang. Tak ada tempat bersandar terbaik selain Allah Yang Maha Pemurah, Yang Maha Pengasih.

Utarakan semuanya hanya pada Allah. Keluhkan semua  kesedihan melalui doa-doa hanya kepada Sang Maha Pencipta.

Doa adalah upaya penyerahan diri kepada Allah SWT dan meminta dihindarkan dari hal yang yang tak kita inginkan.

Dalam sebuah hadist dinyatakan bahwa, “Doa adalah inti ibadah.” (HR. Tirmidzi)

Doa bukan hanya sebatas permintaan karena kita membutuhkan tapi merupakan  suatu ibadah yang dilakukan semata-mata taat dan ibadaha kepada Allah dengan tunduk.

Loading...

Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqarah

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwa Aku adalah dekat.

Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS.Al-Baqarah: 186)

Dari Ayat di atas dapat kita tahu kalau syarat terkabulkannya doa bukan dengan sendirinya.

Allah bebas berkehendak atas segala sesuatu, tetapi Allah menyampaikan bahwa agar doa kita terkabulkan, maka  kita beriman kepada-Nya tidak hanya serta-merta duduk diam menunggu hasil doa.

Dalam berdoa, Allah meminta kita agar menyandingkan dengan usaha dan ketaatan kepada-Nya.

Di saat kita butuh pertolongan dan memohon kepada Allah, tak selesai dengan hanya berdoa melainkan harus dibarengi dengan ikhtiyar.

Buktikan kesungguhan doa dengan taat dan usaha yang sepadan dengan pada apa yang kita pinta kepada Allah bukan malah usaha biasa-biasa saja tapi permintaan wah.

Sebagaimana yang telah Allah firmakan dalam Qur’an surat Ar-Ra’d

إِنَّ اللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّىٰ يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ ۗ

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum, sebelum kaum itu sendiri mengubah apa yang ada pada diri mereka.” (QS. ar-Ra’d: 11)

Ikhtiar adalah langkah tepat dalam mewujudkan keinginan. Dan doa adalah sebagai bentuk elemen pendukung agar Allah Yang Maha Kuasa mengabulkannya. Allah lebih tahu apa yang terbaik.

Perlu kita yakini, jika setiap doa pasti dikabulkan. Bisa saja  doa-doa kita tidak dikabulkan di dunia ini yang pasti akan dikabulkan pada masa yang akan datang, yaitu akhirat.

loading...
loading...

Tags: #Doa Orang Islam #Doa Terkabul #Ijabah Doa