Jika Istri Malas Sholat, Ini yang Harus Dilakukan Suami

1212 views

Pasangan kita adalah ujian bagi kita, bagaimana tidak karena setiap pasangan tidak selalu baik adakalanya pasangan kita memiliki sifat-sifat buruk yang membuat kita geram dan kesal kepadanya.

Misal suami merasa kesal melihat istrinya yang pemalas terutama malas untuk melaksanakan kewajibannya yaitu shalat lima waktu.

Lantas apa yang harus dilkukan sang suami sebagai kepala rumah tangga sekaligus imam bagi istrinya tentu kewajibannya lah menyuruh istrinya mengerjakan shalat ketika malas.

Sebagai suami wajib menyuruh istri mengerjakan shalat boleh mamaksanya. Allah telah berfirman,

وَأْمُرْ أَهْلَكَ بِالصَّلَاةِ وَاصْطَبِرْ عَلَيْهَا

“Dan perintahkanlah keluargamu melaksanakan shalat dan sabar dalam mengerjakannya …” (QS. Thaha: 132)

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا

“Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka …” (QS. at-Tahrim[66]: 6)

Loading...

Nabi Muhammad SAW juga Bersabda: “Ajarilah mereka dan didik mereka dengan adab,”

Sebagaimana kewajiban suami sebagai imam keluarga, harus bisa memotivasi isrtrinya dengan janji pahala juga harus memerintahkan istrinya untuk mendapatkan sesuatu yang bemanfaat baginya.

Jika sang istri tetap meninggalkan kewajibannya yaitu shalat maka suami harus menceraikannya. Dan percerianya wajib ia lakukan hal ini menurut pendapat yang benar.

Selain itu, setiap orang yang meninggalkan shalat maka wajib dhukum berdasarkan kesepakatan kaum muslimin. (Majmu’ Fatawa, 32:277).

Imam Abdul Aziz Ibnu Baz pernah menjawab sebuah pertanyaan tentang sikap suami kepada istri yang meninggalkan shalat. Lalu, beliau dengan tegas menjawab,

“Anda bisa menyampaikan kepada istri Anda dan menjelaskannya tentang bahaya meninggalkan shalat. Menjelaskan bahwa shalat adalah tiang agama dan meninggalkannya termasuk kekafiran. Jika dia bertaubat, alhamdulillah, dan pertahankan dia untuk menjadi istri Anda. Jika dia tidak mau taubat, Anda wajib menceraikannya. Allah akan memberikan yang lebih baik darinya. Karena siapa yang meninggalkan sesuatu karena Allah maka Allah akan memberikan ganti yang lebih baik daripada itu.”

وَمَن يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَل لَّهُ مَخْرَجًا ، وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ

“… barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya, dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya …” (QS. at-Thalaq: 2-3)

وَمَن يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَل لَّهُ مِنْ أَمْرِهِ يُسْرًا

“… dan barangsiapa bertakwa kepada Allah, niscaya Dia menjadikan kemudahan baginya dalam urusannya.” (QS. ath-Thalaq: 4). [islampos.com]

Tags: #Istri Pemalas #Malas Shalat