Jika Istri Pelit Sama Kerabat Suaminya, Ingatlah Hadits Ini

1280 views

Kehidupan setelah menikah tentu berbeda dengan kehidupan semasa sendiri, jika pada awalnya ia memiliki harta yang melimpah dan ketika sudah menikah ia mendapatkan suami yang tidak kaya maka jangan sampai pelit dan kikir kepada suami dan keluarganya.

Sebagai perempuan harus tahu dan memahami posisi perempuan ketika sudah menikah karena salah satu dosa yang dimiliki oleh seorang istri adalah ketika ia pelit dan kikir kepada suami dan kerabat suaminya.

Sebagai istri tidak boleh untuk menggunakan hartanya untuk membantu suaminya, apalagi jika untuk mmebantu suaminya dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga atau ketika membangun usaha.

Demi kebaikan rumah tangga maka istri tidak boleh pelit kepada suami.

“Selain itu seorang istri juga tidak boleh kikir terhadap kerabat baik dari pihak perempuan sendiri maupun dari pihak suaminya. Rasulullah bersabda, “memberi shadaqah kepada orang miskin mendapat satu pahala shadaqah, dan memberi shadaqah kepada kerabat mendapat dua pahala, yaitu pahala shadaqah dan pahala hubungan kekerabatan.” (HR. Ibnu Majah, At-Tirmidzi)

Istri yang pelit sama kerabat sendiri atau kerabat suaminya sungguh sangat disayangkan dan sangat menyedihkan.

Loading...

Padahal, dengan harta yang dimilikinya berkat kemurahan rezeki Allah seharusnya dia lebih banyak bersedekah dan tidak pelit, agar rezeki suami makin lancar.

Nabi Muhammad bersabda, “Sesungguhnya shadaqah yang paling utama adalah shadaqah kepada kerabat yang memendam permusuhan,” (HR. Ahmad)

Terkadang kita melupakan hal tersebut, ketika ada kerabat membutuhkan bantuan kita tidak tahu menahu, bahkan tidak jarang kita bersikap sombong terhadap kerabat sendiri padahal seharusnya harus saling membantu.

Atau kita memilih bersedekah kepada orang lain sedangkan kerabat kita membutuhkan bantuan.

Padahal banyak manfaat yang akan diperoleh ketika kita menolong kerabat, selain kita menolong kerabat yang membutuhkan kita juga semakin memperat tali persaudaraan dan kebersamaan pun semakin meningkat. [ummi-online.com]

Tags: #Istri Pelit #Uang Suami #Wanita Pelit