Jika Kamu Ingin Menikah Siri, Perhatikan 10 Hal Ini

3050 views

Cerita seoranng istri yang dinikahi secara sirih selama bertahun-tahun, ia pun sudah dikarunia dua orang anak.

Sebagai istri sirih ia sadar bahwa posisinya tidak seperti istri pertamanya dan tentu tidak akan mendapatkan fasilitas sebagaimana istri pertamanya karena nikah siri statusya kurang jelas dan disamarkan.

Menikah sirih memang sah secara agama karena rukun dan syaratnya terpenuhi, akan tetapi nikah siri ini seringkali disebut dengan pernikahan bawah tangan.

Karena tidak dihadiri oleh orang-orang tertentu dan tidak diumumkan juga tidak didaftarkan di kantor urusan agama.

Secara agama menikah sirih memang sah akan teapi secara legalitas nikah siri itu lemah sebab tidak tercatat dalam akta negara sehingga tidak diakui oleh negara.

Menurut sebuah pemeo satir, tujuan menikah adalah mendapatkan kebahagiaan, yang resmi saja tidak selalu mendapatkan kebahagiaan apalagi yang menikah siri.

Loading...

Berikut ini ada 10 hal yang mungkin harus ditanggung wanita ketika menikah siri, makanya perlu hati-hati untuk wanita:

1. Akan Mendapatkan Ancaman
Ketika istri pertamanya tidak ridha suaminya menikah lagi maka istri sirihnya akan terancam, akan diteror bahkan nyawa menjadi taruhannya.

2. Rawan Fitnah
Pernikahan sirih terlihat seperti disembunyikan maka jangan menyalahkan orang lain jika mengunjing atau memfitnah karena mereka tidak mengetahui status pernikahannya sehingga mereka memiliki pikiran negatif.

3. Rawan Ingkar Janji
Banyak hal buruk terjadi didalam pernikahan sirih, ketika suami merasa tidak terikat secara hukum ia bisa melakukan apa saja sesuka hatinya. Ia Ingkar janji, bisa jadi tidak memberi nafkah lahir juga batin kepada istrinya.

4. Menimbulkan Perpecahan Dari Keluarga Suami
Sebagai istir kedua dan sirih harus menanggung penderitaan akan dikatakan sebagai perebut suami orang dan menari diatas penderitaan orang lain.

5. Istri Tidak Sepenuhnya Mendapatkan Haknya
Berbeda dengan istri pertama yang sah secara hukum, istri sirih tidak akan mendapatkan hak-haknya sebagaimana yang diterima oleh istri pertamanya. Misal nafkah batin maupun menafkahi anaknya.

6. Istri Tidak Memiliki Hak Menggugat Cerai Suami
Ketika istri tidak tahan dengan sikap suami dan ingin meminta ceria maka sang sitri tidak memiliki kuasa untuk mengugat cerai suaminya.

Jika seandainya sudah merasa tidak cocok dengan suaminya maka ia harus menunggu suaminya menjatuhkan talak kepadanya. Namun sang istri masih bisa menyuruh orang terpercaya untuk memintakan talak kepadanya.

7. Isbat Nikah
Penetapan pernikahan di pengadilan agama atas pernikahan sirihnya juga penetapan perceraian 9ketika istri menggugat cerai) adalah hal yang bisa ditempuh serang istri ketika suaminya mengantungkan pernikahan sirihnya.

Misal ketika suami tidakmau berkomunikasi dengannya, tidka mau menafkahi secara batin serta menelantarkan anaknya, tidak peduli dengan kondisi pernikahannya.

8. Isbat Ini Sekaligus Untuk Menetapkan Anak Hasil pernikahan Siri
Jika memiliki anak maka harus harus ditetapkan sehingga memiliki status yang sah serta dipermudah mendapatkan akte kelahiran, ketika ingin sekolah, ingin kerja dan ketika ingin menikah kelak.

9. Istri Sirih Tidak Akan Mendapatkan Pembagian Harta Gono-Gini
Istri sirih harus siap bahwa dirinya tidak akan mendapatkan pembagian harta gono-goni jika suaminya menceraikannya.

10. Jika Suami Meninggal, Tidak Mendapatkan Warisan
Jika suaminya meninggal maka istri sirih tidak akan mendapatkan harta warisan dari sang suami, sehingga akan menyulitkan jika seseorang menikah siri.

Itulah beberapa masalah yang akan dihadapai oleh perempuan yang memilih nikah siri.

Maka sebelum memutuskan untuk menikah siri alangkah lebih baik harus berhati-hati dan dipikirkan secara matang-matang sehingga tidak melakukan kesalahan besar yang melibatkan keluarga, terutama anak yang akan menjadi korbannya.

Maka dri itu pikirkan baik-baik terlebih dahulu jika dan pikirkan berulangkali jika ingin menikah siri.

Walau mungkin anda adalah orang yang berkecukupan namun akibat dari pernikahan siri itu bukan hanya harta yang terpenting addalah anak yang akan menjadi korbannya. [ummi-online.com]

Tags: #Akibat Nikah Siri #Nikah Siri