Jika Suami Meninggal Dunia, Istri Harus Lakukan 3 Hal Ini

2847 views

Tidak semua pasangan bisa bersama selamanya, adakala antara suami atau istri Allah panggilan terlebih dahulu sehingga ia meninggalkan keluarga dan anaknya.

Lalu bagaimana cara kita untuk tetap berbakti kepada pasangan kita yang sudah meninggal? Allah SWT. berfirman;

مَا عِندَكُمْ يَنفَدُ ۖ وَمَا عِندَ اللَّهِ بَاقٍ ۗ وَلَنَجْزِيَنَّ الَّذِينَ صَبَرُوا أَجْرَهُم بِأَحْسَنِ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

“Apa yang ada di sisimu akan lenyap, dan apa yang ada di sisi Allah adalah kekal. Dan Kami pasti akan memberi balasan kepada orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. an-Nahl: 96)

Allah Swt menjanjikan orang-orang yang bersabar bahwa diri-Nya akan senantiasa bersama mereka.

Dia memberikan balasan kepada orang-orang yang bersabar, dan balasan tersebut tidak pernah diberikan kepada selain mereka. Allah berfirman;

أُولَٰئِكَ عَلَيْهِمْ صَلَوَاتٌ مِّن رَّبِّهِمْ وَرَحْمَةٌ ۖ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُهْتَدُونَ

“Mereka itulah yang memperoleh ampunan dan rahmat dari Tuhannya, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS. al-Baqarah: 157)

Loading...

Setiap kematian akan meninggalkan duka yang sangat mendalam bagi orang yang ditingkalnnya, terutama orang yang paling kita cintai misal suami.

Ketika istri harus kehilangan tulang punggung keluarga, harus kehilangan orang yang selama ini mendukungnya, tidak memiliki tempat untuk menceritakan segala keluh kesahnya maka tak banyak istri merasa sulit untuk menerima kenyataan.

Banyak dari mereka yang larut dalam duka juga kesedihan yang sangat mendalam.

Akan tetapi bagi seseorang yang sedang berduka dinajurkan untuk memperdalam agama sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Karena hidup penuh laki-liku dan tidak akan selalu indah dalam perjalananya. Berikut ini tips bagi istri yang ditinggalkan oleh suaminya:

1. Dengan Memperbanyak Istighfar
Bagi yang ditingglkan orang tercinta perbanyaklah beristifghfar kepada Allah, memohon kepada Allah atas segala kesalahan diasam lalu.

Memohon agar dibukakan pintu hidayah-Nya sehingga kita akan diberi jalan keluar dalam setiap masalah yang terjadi didalam hidup kita.

Jangan merasa tidak adil dengan kejadian ini, cobalah tetap bertasbih kepada Allah agar kita senantiasa mendapatkan cahaya dan mendapat lindungan sampai kapanpun. Seperti dalam ayat al-Quran berikut ini,

قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَىٰ أَنفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِن رَّحْمَةِ اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا ۚ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

“Katakanlah, ‘Wahai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri! Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sungguh, Dialah Yang Maha Pengampun, Maha Penyayang’.” (QS. az-Zumar: 53)

2. Jangan Menyerah dan Putus Asa
“Sungguh menakjubkan perilaku orang mukmin. Semua keadaan adalah baik baginya. Jika memperoleh kesenangan dia bersyukur dan yang demikian itu adalah baik baginya. Dan jika dia ditimpa kesusahan dia bersabar. Dan yang demikian itu adalah baik baginya. Perilaku seperti itu hanya ada pada diri seorang mukmin.” (HR. Muslim dan Ahmad)

Ketahuilah bahwa Allah tidak akan pernah memberikan kesulitan kepada kita diluat batas kemampuan kita.

Walau hidup ini terassa berat dan penuh dengan lika-liku namun percayalah pasti akan ada jalan keluar dari setiap masalah yang dihadapi. Cobalah senantiasa bersyukur entah apapun yang terjadi.

Selain itu juga perbanyak membaca Al-Qur,an sehingga kita diberi kekuatan untuk menghadapi cobaan ini.

Sebab tak ada artinya terus meratapi orang yang kita sayangi jika tidak membuat iman kita semakin kuat.

Juga perbanyak sedekah, lakukan puasa senin kamis dan membaca Al-Qur,an. Jangan pernah lupa untuk bersyukur atas karunia yang telah Allah berikan kepada kita.

Sebab yang menderita bukan hanya kita saja, masih banyak orang yang jauh lebih menderita dari kita.

3. Menyandarkan Segala Permasalahan Hanya Kepada Allah
Tak ada gunanya kita meratapi kesedihan walau kita sudah kehilangan orang yang sangat kita cintai.

Kita harus tahu bahwa setiap orang memiliki masalah tersendiri sehingga kita tak perlu membebani orang lain dengan derita kita.

Dan jika kita terlalu bersandar kepada orang lain makahal itu juga akan sia-sia-.

Sebab teman atau saudara kita juga memiliki kehidupan masing-masiang, maka bersandarlah hanya kepada Allah semata.

Percayalah bawha Allah akan memberi jalan keluar dalam setiap masalah yang kita hadapi.

Dengan cara menyerahkan semua hati kita kepadaNya maka Allah pun akan senantiasa menolong kita dalam setiap masalah yang dihadapi.

Demikianlan cara yang bisa kita lakukan ketika kita kehilangan orang yang paling kita cintai. [ummi-online.com]

Tags: #Lakukan Cara Ini Ketika Pasangan Meninggal #Pasangan Meninggal Dunia