Jumlah Shalat Sunnah Rawatib

243 views

Shalat rawatib adalah shalat sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW yang dikerjakan beriringan dengan shalat fardu. Ada yang sebelum dan ada yang sesudah.

Namun yang menjadi pertanyannya adalah khusus shalat sunnah zhuhur qobliyah atau ba’diyah, apakah dua atau empat raka’at?

Inilah Penjelasannya
Rasulullah SAW mengajarkan Shalat rawatib sebanyak 10 raka’at dan selalu istiqomah dalam sehari semalam. Yakni

  • 2 rakaat sebelum Dzuhur
  • 2 rakaat setelah Dzuhur
  • 2 rakaat setelah Maghrib
  • 2 rakaat sebelum Subuh

Sebagaimana yang diriwayatkan oleh Bukhari-Muslim dalam kedua kitab shahihnya dari hadits Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma.

Namun pendapat dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, Dari Rasulullah SAW berkat bahwa beliau tidak pernah meninggalkan shalat 4 Rakaat sebelum Zhuhur sebagaimana yang diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari dalam kitab shahihnya.

Sehingga yang lebih utama dari orang mukmin yang hendak melaksanakan shalat rawatin sebelu m duhur adalah adlaah mengerjakan 4 rakaat, lalu dilanjurkan dengan 2 rakaat setelah shalat zhuhur.

Loading...

Namun apabila mengerjakan 4 rakaat sebelum zhuhur dan 4 rakaat setelah zhuhur maka lebih bai lagi, hal in berdasarkan riwayat dari Imam Ahmad dan penulis kitab Sunan yang empat dengan sanad yang hasan dari Ummu Habibah, ia berkata bahwa Nabi Muhammad SAW Bersabda:

مَنْ حَافَظَ عَلَى أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ قَبْلَ الظُّهْرِ وَأَرْبَعٍ بَعْدَهَا حَرَّمَهُ اللَّهُ عَلَى النَّارِ

“Barangsiapa yang menjaga shalat qobliyah Zhuhur sebanyak empat raka’at dan ba’diyah Zhuhur empat raka’at, maka Allah mengharamkan baginya neraka.”

Ini sungguh keutamaan yang amat besar. Keutamaan lain shalat sunnah Rawatib yang disebutkan oleh Nabi Muhammad SAW, adalah:

مَنْ صَلَّى اثْنَتَىْ عَشْرَةَ رَكْعَةً فِى يَوْمٍ وَلَيْلَةٍ بُنِىَ لَهُ بِهِنَّ بَيْتٌ فِى الْجَنَّةِ

“Barangsiapa yang mengerjakan dua belas raka’at shalat sunnah rawatib sehari semalam, maka akan dibangunkan baginya suatu rumah di surga.”

Hadits ini dikeluarkan oleh Muslim dari Ummu Habibah. Dikeluarkan pula oleh At Tirmidzi dengan sanad yang hasan dan ditambahkan dalam riwayat tersebut shalat sunnah rawatib empat raka’at sebelum Zhuhur, dua raka’at setelah Zhuhur, dua raka’at setelah Maghrib, dua raka’at setelah Isya’, dan dua raka’at sebelum Shubuh. [rumaysho.com]

Tags: #Shalat Rawatib #Shalat Sunnah Rawatib