Kamu Akan Mendapat Pahala Haji Jika Lakukan 3 Amalan Ini

319 views

Diantara rukumn Islam adalah menunaikan ibadah haji, namun diwajibkan bagi yang mampu saja, sedangkan tidak semua umat Islam bisa melaksanakan haji dikarenakan beberapa alasan.

Bagi kita yang belum mampu menaikan ibadah haji atau umrah, namuan kita tidak boleh berkecil hati karena Allah memberi keringanana jika kita melaksanakannya kita mendapatkan pahala yang serupa. Diantaranya adalah:

1. Sholat Berjamaah

مَنْ مَشَى إِلَى صَلاَةٍ مَكْتُوْبَةٍ فِي الجَمَاعَةِ فَهِيَ كَحَجَّةٍ وَ مَنْ مَشَى إِلَى صَلاَةٍ تَطَوُّعٍ فَهِيَ كَعُمْرَةٍ نَافِلَةٍ

Artinya: “Siapa yang berjalan menuju sholat wajib berjamaah, maka ia seperti berhaji. Siapa yang berjalan menuju sholat sunnah, maka ia seperti melakukan umrah yang sunnah (HR. Thabrani)

2. Melakukan Sholat Isyraq

Loading...

a. Melaksanakan shalat subuh berjama’ah dimasjid
b. Berdiam tadzakur, berdzikir dan melakukan kegiatan yang bermanfaat
c. Melaksanakan shalat Duha

مَنْ صَلَّى صَلاةَ الصُّبْحِ فِي مَسْجِدِ جَمَاعَةٍ يَثْبُتُ فِيهِ حَتَّى يُصَلِّيَ سُبْحَةَ الضُّحَى، كَانَ كَأَجْرِ حَاجٍّ، أَوْ مُعْتَمِرٍ تَامًّا حَجَّتُهُ وَعُمْرَتُهُ

Artinya: “Barangsiapa yang mengerjakan sholat shubuh dengan berjama’ah di masjid, lalu dia tetap berdiam di masjid sampai melaksanakan sholat Sunnah Dhuha, maka ia seperti mendapat pahala orang yang naik haji atau berumrah secara sempurna.” (HR. Thabrani).

3. Menghadiri Majelis Ilmu Misal Pengajian

مَنْ غَدَا إِلَى الْمَسْجِدِ لا يُرِيدُ إِلا أَنْ يَتَعَلَّمَ خَيْرًا أَوْ يُعَلِّمَهُ، كَانَ لَهُ كَأَجْرِ حَاجٍّ تَامًّا حَجَّتُهُ

Artinya:”Siapa yang berangkat ke masjid yang ia inginkan hanyalah untuk belajar kebaikan atau mengajarkan kebaikan, ia akan mendapatkan pahala haji yang sempurna hajinya” (HR. Thabrani).

Tags: #Amalan Seperti Naik Haji #Pahala Haji