Karena Sebab Ini Setan Kebingungan Terhadap Kabar Dari Langit

316 views

Dirawikan dalam sebuah hadits dari Bukhari dari Ibnu Abbas, bahwa pada suatu hari Rasulullah SAW diiringkan beberapa orang sahabat beliau pergi bersama-sama menuju Pasar Ukadz.

Konon, saat itu di kalangan setan-setan timbul hiruk-piruk yang menjdaikan mereka para setan kebingungan. Apa ebab mereka (setan-setan) kebingungan?

Dalam tafsirnya Al-Azhar Prof Buya Hamka memaparkan bahwa setan-setan bingung dengan informasi dari langit terputus dan tidak ada lagi yang bisa mereka ketahui.

Saat ini sering kita lihat meteor atau batu pecahan bintang yang melayang di udara.

Dalam keterangan dari wahyu, meteor itu semacam panah Tuhan yang arahkan pada setan-setan atau jin yang hendak mendengar berita-berita langit.

Ketika Rasulullah SAW pergi menuju Pasar Ukadz itu, yaitu pasaran tahunan tempat orang Arab zaman jahiliyah berjual beli dan berlomba bersyair, tertutup sama sekali berita langit itu.

Loading...

Dan jika ada meteor melayang di udara, itu tandanya syaitan kena panah.

Dan mereka menyuruh anak buahnya untuk menyelidiki permukaan bumi guna menyelidiki sebab terjadinya hal yang  demikian.

Dalam kisahnya salah satu yang disuruh itu sampailah ke lembah Tihamah. “Di satu perkebunan kurma bertemulah dengan rombongan Rasulullah SAW.”

Dan yang hendak menuju Pasar ‘Ukadz itu. Didapatinya Rasulullah sedang melakukan sholat subuh diikuti sahabat-sahabatnya. Beliau membaca Alquran dengan jahar.

Dengan tekun Para jin medengarkan berita kemudian, kembalilah berkumpul dengan kawan-kawannya, lalu dia berkata:

“Kami telah mendengar Alquran, sungguh menakjubkan sekali kandungannya. Dia memberi petunjuk kepada jalan yang bijaksana, jalan yang cerdik dan benar.

Karena telah percayaakan isi Alquran itu dan mulai sekarang kami tidak mau lagi mempersekutukan Tuhan kami dengan yang lain sesuatu juga.”

Riwayat ini adalah riwayat  Bukhari dan Ibnu Abbas itu asal-usul turun ayat. Dan ada lagi dua tiga hadis yang hampir sama maknanya dengan hadits ini.

Tags: #Kabar Langit #Oran Jahat #Setan Kebingunan