Karena Takut Masuk Islam Orang Quraisy Mencegat Orang Ini Bertandang ke Rumah Nabi

411 views

Mekkah adalah tempat orang-orang yang pintar, apalagi dalam bidang syair. Salah satunya adalah Thufail bin Amru ad-Dausi, dia adalah penyair ulung yang sangat dihormati.

Pada Saat ia bertandang ke kota Makkah, para orang Quraisy menghalanginya dengan tujuan supaya dia tidak bertemu dengan Nabi.

Mereka berkata kepadanya, “Sungguh kami khawatir kalau Anda dan Kaum Anda ditimpa perkara yang telah menimpa kami.

Oleh karena itu janganlah anda berbicara dengannya, dan janganlah anda mendengarkan ucapannya.”

Para orang quraisy terus membuntuti sang penyair  Thufail untuk menjaganya agar dia gagal bertemu Nabi.

Kemudian Thufail mengucapkan janji tidak akan mendengarkan perkataan Nabi. Dengan sebab itulah para orang Quraisy itu meninggalkan dia dan tak mengikutinya lagi.

Loading...

Kemudian sang penyair Thufail masuk Masjidil Haram. Persis pada saat itu, Nabi sedang shalat di Ka’bah.

Dan Thufail mendekat dimana Nabi sedang berdiri. Di tempat itulah ia mendengar lantunan ayat-ayat yang dibacakan oleh Nabi.

Dan Ia bergumam dalam hati, ”Demi Tuhan, aku ini orang yang pandai dan penyair yang mengerti mana perkataan yang bagus atau tidak.

Lantas apa yang menghalangiku untuk mendengarkan apa yang diucapkan oleh laki-laki ini. Jika ia berkata baik aku akan menerimanya, dan jika buruk maka aku akan meninggalkannya.”

Kemudian setelah itu Thufail bertandang ke rumah Nabi. Ia menceritakan apa yang baru saja ia alami. Nabi memberikan tawaran supaya ia memeluk Islam seraya membacakan beberapa ayat Al-Quran.

Maka gayung bersambut, cahaya hidayah pun meresap kedalam hati Thufail sang penyair ulung dan pintar itu.

Setalah dari rumah Nabi Thufail kembali ke kaumnya kemudian dia mengajaknya masuk Islam. Sang penyair tidak mau tinggal dengan keluarganya kecuali mereka masuk ke dalam agama Islam.

Kemudian dengan kegigihan sang penyair, keluarganya pun menuruti kemauannya. DIalah tokoh dibalik penyebaran Islam di Bani Daus.

Tags: #Kafir QUraisr #Rumah Nabi #Tamu Nabi