Kebiasaan Rasulullah Sebelum Ramadhan

546 views

Nabi Muhammad SAW menganjurkan kita sebagai ummatnya agar senantiasa mempersiapkan diri menyambut kedatangan bulan mulia yaitu bulan ramadhan.

Rasulullah menganjurkan kita agar memperbanyak ibadah terutaman puasa sunah agar kita mempersiapkan diri sehingga mental kita merasa siap menghadapi bulan yang mulia itu.

Para sahabat Nabi terdahulu menanti ramadhan seperti menanti datangnya haru pernikahan. Layaknya calon pengantin yang merindukan hari-hari yang ditunggu yaitu pernikahan, penuh dengan kebahagiaan.

Tak ada seorang pun diantara kaum muslimin yang merasa bersedih ketika datangnya ramadhan, sebagai seorang muslim harus bahagia, harus bersuka cita menyambuh bulan yang penuh keberkahan.

Tradisi pada masa Nabi Muhammad SAW terdahulu ketika memasuki akhir bulan Sya’ban para sahabat berkumpul di masjid untuk mendengar khutbah penyambutan Ramadhan.

Pada saat akhir bulan sya’ban dimanfaatkan oleh orang islam untuk saling meminta maaf, antara anak kepada orang tua, seorang sahabat dengan sahabatnya, seorang adik kepada kakaknya dan sebagainya.

Loading...

Mereka tidak ingin membawa dosa pada bulan suci sehingga mereka berusaha untuk mendapatkan maafnya. Mereka ingin berada dalam suasana ramadhan yang suci dalam keadaan bersih.

Sebagai ummat Nabi Muhammad maka alangkah baiknya kita harus menghidupkan kebiasaan pada jaman Rasulullah tanpa harus mengubah tradisi yang sudah ada hingga sampai ini.

Idul Fitri tetaplah pada tradisinya bersilaturrahmi, saling meminta maaf namun tak ada salahnya menghidupkan tradisi Rasulullah ketika sampai pada akhir bulan Sya’ban juga harus memperbanyak silaturrahim, saling meminta maaf, dan bertahniah, selain menyambutnya dengan ceramah yang dikhususkan untuk itu.

Kita dianjurkan untuk mengunjungi sanak saudara terutama orang tua, meminta maaf serta meminta nasehat menjelang bulan ramadhan. Jika orang tuanya jauh maka bisa ditempuh melalui telepon.

Adapun cemarah yang yang dianjurkan untuk menyambut bulan ramadahan yaitu tentang hal-hal yang berkaitan dengan bulan ramadhan seperti janji-janji Allah terhadap mereka yang bersungguh-sungguh menjalani ibadah ramadhan.

Amalan sunnah yang harus dikerjakan pada bulan ramadhan serta tentang caeea menjalankan seluruh rangkaian ibadah bulan ramadhan.

Salah satu isi hotbah Nabi Muhammad untuk menyambut Ramadhan yang menggetarkan itu adalah,

“Wahai ummatku, akan datang kepadamu bulan yang mulia, bulan penuh berkah, yang pada malam itu ada malam yang lebih mulia dari seribu bulan.”

Allah memrintahkan kita wajib berpuasa disiang hari dan menciptakan shalat khusus dimalam hari yaitu shalat tarawih. [khazanah.republika.co.id]

Tags: #Alaman Bulan Ramadhan #Bulan Ramadhan #Bulan Suci