Kehidupan Mewah Khadijah dan Disukai Banyak Pemuda Sebelum Mengenal Nabi SAW

161 views

Sosok wanita surga yang akhirnya menjadi istri  Nabi SAW, Khadijah binti Khuwailid, wanita mulia yang pertama beriman serta menjadi teman  Nabi dalam berdakwah dalam hidupnya.

Khadijah dikenal sebagai istri yang paling dicintai Nabi. Jasa-jasanya pada perjuangan dakwah Islam  dalam menegakkan agama Islam tiada duanya.

Ini kehidupan Siti Khadijah sebelum mengenal Nabi yang harus kita ketahui bersama.

Dalam buku Ensiklopedia Wanita Alquran  Imad Al-Hilali menjelaskan mengenai Khadijah yang diabadikan dalam Alquran Surah Al-Baqarah ayat 207.

Pengabadian itu tak lepas dari peran dan kontribusi khadijah pada islam. Sosoknya juga diungkapkan pula oleh sejumlah ulama.

Imad Al-Hilali menuliskan Khadijah dari dari suku Quraisy. Ibu Khadijah bernama Fatimah binti Zaidah.

Loading...

Di zaman Jahiliyah, nama Khadijah dikenal dengan sebutan Al-Thahirah sebagaimana pandangan Imam As-Suyuthi.

Khadijah seorang janda kaya raya dan terhormat. Jauh sebelum bertemu Nabi, khadijah  dikabarkan akan menikah dengan Waraqah bin Naufal akan tetapi  akhirnya batal dan tak terjadi.

Dan Khadijah menikah dengan Hindun bin Al-Nabbasy atau Abu Halah.  Sosok Khadijah sangat terpercaya di kalangan masyarakat.

Adapun Ayah kandung Khadijah merupakan pribadi terpandang di tengah kaumnya atau masyarakat Makkah.

Ayahnya bersekutu dengan Bani Abdud dar bin Qushai. Merupakan kebiasaan orang-orang Quraisy yaitu menikahkan putra mereka dengan orang yang bersekutu dengannya.

Setelah punya  anak Halah dan Hindun, Abu Halah wafat. Lantas Khadijah menikah lagi  dengan Atiq bin Abid dan punya anak bernama Hindun.

Siti Khadijah  lama menjanda dan banyak pemuda yang ingin melamarnya namun semua ia tolak. Kemudian setelah itu khadijah mengenal sosok pemuda bernama Muhammad.

Makhluk mulia yang di usianya 40 mendapatkan  wahyu dari Allah sebagai Nabi dan rasul.

Bersama sang Nabi,  Khadijah mengabdikan dirinya dan berjuang di jalan Allah hingga akhir hayatnya.

Pernikahannya dengan Nabi Muhammad SAW, Khadijah punya 4 putri dan 2 putra. Yaitu, Ruqayah, Ummu Kultsum, Zainab, Fatimah, Abdullah dan Qasim.

loading...
loading...

Tags: #Dakwah Islam #Istri Nabi #Pejuang Islam