Kehilangan Barang Menurut Islam dan Hikmahnya

3799 views

Bagi yang pernah kehilangan barang yang berharga tentu merasa sangat sedih bahkan menjadi saat terburuk bagi sebagian orang.

Karena bisa jadi hal tersebut hanyalah menjadi satu-satunya barang berharga miliknya. Apapun milik kita yang hilang tentu akan merasa sedih terlebih lagi ketika kehilangan orang yang tersayang.

وَلِلَّهِ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ ۚ وَإِلَى اللَّهِ تُرْجَعُ الْأُمُورُ

“Dan milik Allah-lah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi, dan hanya kepada Allah segala urusan dikembalikan” (QS: Ali Imran : 109)

Kita pasti akan merasakan yang namanya kehilangan, cepat atau lambat semua akan hilang jangankan orang tersayang, diri kita sendiri saja akan kembali kepada Allah SWT.

Semua yang ada di dunia ini hanyalah titipan maka apapun milik kita pasti akan hilang dari dunia. Lalu bagaimana kita menyikapinya ketika mengalami kehoalngan apa yang harus kita lakukan?

Apa kita harus bersedih sepanjang hari dan malam, apakah kita aman menyesali, apakah kita akan marah-marah, stress, depresi, cila atau mungkin mengatakan bahwa Allah itu tidak adil dan tidak sayang sama kita.

Loading...

Kita boleh marah, kita boleh sedih namun kita harus tahu bahwa apapun yang kita rasakan tidak akan mengubah kondisi apapun yang telah terjadi pada hidup kita.

إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَآيَاتٍ لِّأُولِي الْأَلْبَابِ ١٩٠ الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَٰذَا بَاطِلًا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ ١٩١

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan pergantian malam dan siang terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk atau dalam keadaan berbaring, dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), “Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia; Mahasuci Engkau, lindungilah kami dari azab neraka.” (QS. Ali Imran[3] : 190-191)

Segala sesuatu yang terjadi tidaklah sia-sia, walau yang terjadi adalah hal yang tidak kita inginkan termasuk dengan kehilangan. Selalu ada hikmah dan pesan yang bisa kita ambil dari kejadian dan pelajaran berharga yang bis akita dapatkan.

Maka harusnya hikmah-hikmah inilalh dan pelajaran inilah yang akan semakin mendekatkan diri kita kepada Allah SWT. Maka kita harus menyikapi setiap kejadian dengan bijak karena dalah banyak hikmah yang bisa kita dapatka.

Inilah 5 Hikmah yang Bisa Kita Petik Dari Kehilangan Serta Akan Bijak Ketika Nantinya Mengalaminya Kehilangan Lagi

1. Semua Milik Allah, Kita Hanya Dititipi
Hikmah kehilangan yang pertama adalah membuat kita sadar diri bahwa semua yang ada dimuka bumi dan semua milik kita adalah milik Allah.

Kita hanya dititipi saja, sehingga kapan pun sang pemilik atau Allah mengambilnya maka kita tidak memiliki hak untuk sesuatu itu. Karena semuanya milik Allah maka tentu menjadi hal prerogatif Allah akan diambil kapan saja.

Dengan demikian semoga membuat diri kita semakin menaydari bahwa apapun yang kita miliki bukanlah milik kita melainkan kita hanya dititipi saja.

Segalanya hanya titipan dari Allah SWt dengan begitu Insya Allah kita tidak akan stres apalagi samapi gila hanya karena kehilangan dan tidak memiliki pikiran negatif.

2. Menjadikan Kita Lebih Bersyukur
Jangan lupa untuk bersyukur karena bisa jadi nikmat yang Allah ambil hanya sebagian saja dan Alalh masih menyisakan nikmat-nikmat lainnya yang jauh lebih besar dari yang diambil. Karena apapun yang terjadi kita harus mensyukurinya.

3. Menjadikan kita lebih dekat dengan Allah
Dengan kehilangan adalah waktu terbaik bagi kita untuk intropeksi diri dengan segala yang telah Allah titipkan untuk kita.

Titipan Allah tersebut kita gunakan dengan baik dan digunakan dalam kebaikan atau malah dijadikan sebagai sarana untuk melakukan seusatu yang Allah larang.

4. Lebih Menjaga Setiap Titipan Allah SWT
Dengan kehilangan kita akan lebih mneyadari bahwa sesuatu akan lebih berharga apabila sudah tiada, sehingga yang masih ada akan dijaga dengan sbeaiknya-baiknya.

5. Lebih Banyak Memberi dan Berbagi
Dari kehilangan harusnya kita mengambil pelajaran bahwa semua yang Allah titipkan bukan seluruhnya hak kita karena bisa jadi ada hak orang lain seperti hak fakir miskin, anak yakin atau orang yang lebih membutuhkan.

Bisa jadi selama ini kita pelit untuk bersedekah sehingga Allah terpkasa mengabil sesuatu yang berharga milik kita.

Maka kita harus banyak bersedekah dan bersyukur sehingga akan membuat hati kita menjadi tenang bahkan dalam riwayat disebutkan bahwa orang yang selalu memberi akan menjaga kita terhindar dari hal yang tidak baik.

Itulah 5 hal yang bisa kita ambil dari kehilangan. [elmina.id]

Tags: #Hikmah Kehilangan #Hukum Kehilangan #Kehilangan