Kesulitan Membaca Al-Qur’an, Ini Support Nabi SAW Agar Terus Giat Belajar Sampai Fasih

314 views

Al-Qur’an adalah, kitab suci sebagai pedoman dalam hidup bagi umat Islam. Jika kita Membacanya maka kita akan mendapatkan pahala.

Orang islam wajib meyakini, memahami, dan mengamalkan isi dalam al-qur’an. Sebab al-qur’an adala pedoman hidup bagi umat manusia. Dan orang islam  dituntut mampu membaca bahkan menghafalnya.

Namun bukan hanya cukup dengan membacanya saja  dari rangkaian huruf hijaiyah. Namun juga harus menguasai ilmu tajwid agar cara baca dan melafalkannya baik dan benar.

Tak orang islam fasih membaca Alquran. Tentunya kita harus berjuang  dan bersungguh-sungguh jika ingin menguasai ilmu al-qur’an sehingga bisa terampil dalam membaca Alquran.

Bagaimana dengan muslim yang belum lancar membaca Alquran?

Rasulullah SAW memberi pesan bagi orang yang sulit membaca Alquran agar menjalankan suatu perkara dalam takaran yang mampu dijalaninya.

Loading...

Syekh Muhammad Yusuf Al-Kandahlawy Dalam kitab Hayâtush Shahâbah menyebutkan sebuah hadis mengenai hal itu.

Abdul Ghafir bin Salamah Al-Himshy mentakhrij dari Abu Raihanah, dia berkata, “Aku menemui Nabi SAW untuk mengadukan kesulitanku dalam membaca dan memahami Alquran.”

Lantas Nabi pun menjawab, “Jangan engkau bebankan sesuatu di luar kesanggupanmu kepada dirimu. Tapi bolehlah engkau melakukan sujud jika mengalaminya (mengalami kesulitan dalam bisa membaca Alquran).”

Umairah berkata, “Maka sejak saat itu Abu Raihanah banyak melakukan sujud.”

Pesan Rasulullah SAW ini memberi isyarat pelajaran bahwa ada dua makna dan pesan moral yang dapat kita ambil hikmahnya.

Pertama adalah tentang proses pendidikan yang bertahap dan tidak memaksakan akan sebuah kehendak.

Kedua, walaupun tanpa paksaan dalam membaca dan memahami Alquran, Rasulullah menyarankan bagi umatnya yang kesulitan membaca Alquran untuk bersujud.

Dalam artian, perintah bisa membaca Alquran merupakan kewajiban yang tersirat dari pesan Nabi tersebut.

loading...
loading...

Tags: #Belajar Al-Qur'an #Pesan Nabi