Ketika Abu Bakar Maksa Muntahkan Makanan Sampai Nyawanya Akan Terenggut

951 views

Abu Bakar As-siddiq adalah khalifah pertama, pemimpin setelah Nabi SAW. Sanga khalifah tak kenal kompromi dengan yang namanya kejahatan. Alapagi dalam masalah makanan yang akan dikonsumsi.

Dalam sebuah kisah, diriwayatkan oleh Imam Bukhari, Suatu hari pelayan Khalifah Abu Bakar membawakan makanan untuknya, lalu ia menyantapnya. Setelah selesai, pelayan itu berkata, “Tahukah anda, makanan apa itu, wahai Khalifah?

“Makanan apa itu?” tanya Abu Bakar.

Pelayan itu menjawab, “Dulu pada masa Jahiliah, aku pernah berlaga bisa meramal seseorang, padahal sebenarnya aku tidak mengerti ilmu ramal, tetapi aku berhasil menipunya. Kebetulan pada hari ini aku ditemuinya dan diberi upah. Itulah makanan yang tuan makan.”

Khalifah pun segera memasukkan tangannya ke dalam mulut hingga muntah dan mengeluarkan semua isi perutnya. Kemudian ia berkata, “Demi Allah, seandainya makanan itu tak dapat dikeluarkan kecuali bersama nyawaku, pastilah aku akan mengeluarkannya juga!”

Nabi pun dengan tegas melarang umatnya memakan makanan haram. Sebagaimana hadits yang mengatakan, “Setiap tubuh yang tumbuh dari (makanan) yang haram maka api neraka lebih layak untuk membakarnya.” (HR Bukhari)

Loading...

Alhasil, jagalah semua apa yang kita makan dari hasil dan makanan yang haram karena hal itu dapat menjerumuskan kita kedalam api neraka.

Tags: #Khalifah Pertama #Makanan Haram #Muntahkan Maknanan