Ketika Allah Gembira Karena Taubatnya Seorang Hamba

892 views

Dalam kitab Menebus Dosa yang ditulis oleh Imam Al Ghazali dijelaskan bahwa kewajiban seorang hamba atas semua dosanya adalah bertaubat pada Allah. Jika seorang hamba bertaubat maka Allah akan gembira.

Ada sebuah hadist, Nabi Muhammad bersabda:

حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ أَخْبَرَنَا حَبَّانُ حَدَّثَنَا هَمَّامٌ حَدَّثَنَا قَتَادَةُ حَدَّثَنَا أَنَسُ بْنُ مَالِكٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ح و حَدَّثَنَا هُدْبَةُ حَدَّثَنَا هَمَّامٌ حَدَّثَنَا قَتَادَةُ عَنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اللَّهُ أَفْرَحُ بِتَوْبَةِ عَبْدِهِ مِنْ أَحَدِكُمْ سَقَطَ عَلَى بَعِيرِهِ وَقَدْ أَضَلَّهُ فِي أَرْضِ فَلَاةٍ

Telah menceritakan kepada kami Ishaq telah menceritakan kepada kami Habban telah menceritakan kepada kami Hammam telah menceritakan kepada kami Qatadah telah menceritakan kepada kami Anas bin Malik dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam.
Dan diriwayatkan dari jalur lain, telah menceritakan kepada kami Hudbah telah menceritakan kepada kami Hammam telah menceritakan kepada kami Qatadah dari Anas radliallahu ‘anhu dia berkata;
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Allah lebih gembira dengan taubat hamba-Nya melebihi salah seorang dari kalian yang mendapatkan hewan tunggangannya yang telah hilang di padang yang luas.”

Imam Al Ghazali juga menyebutkan bahwa, masih sangat banyak hadist dan atsar yang menjelaskan tentang tobat.
Umat manusia sudah tahu kalau taubat adalah sebuah kewajibannya karena manusia sadar kalau dosa dan maksiat akan membawa kepada kehancuran dan menyebabkan jauh dari Allah. Namun kelalaian sering menimpa seseorang.

Imam Al Ghazali menuliskan, “Maka makna kesadaran ini adalah hilangnya kelalaian itu. Tidak ada perbedaan pendapat tentang status wajibnya tobat.”

Loading...

Definisi tobat perspektif lain adalah meninggalkan berbagai kemaksiatan pada saat itu juga dan konsisten meninggalkannya pada masa mendatang, serta melengkapi kebaikan yang kurang di masa lampau.

Tags: #Nangis Sesal #Sesal Dosa #Taubat Nasuha