Ketika Mendengar Kalimat Inilah Setan Lari Sampai Terkentut-kentut

Hukum menjawab adzan adalah  fardhu kifayah. Bukan hanya sebagai tanda panggilan shalat, juga ada hikmah lain di balik lantunan suara azan.

“Apabila azan (shalat) diserukan maka setan lari sambil kentut sehingga dia tidak mendengar suara azan itu.

Apabila dia (muazin) menyelesaikan azan, maka ia (setan) datang kembali. Sampai ketika iqamah shalat dikumandangkan, ia (setan) lari.

Sampai ketika dia (muazin) menyelesaikan iqamah, dia (setan) datang kembali sehingga dia melintas diantara seseorang dan jiwanya.

Dia berkata, “Ingatlah ini dan ingatlah itu, tentang sesuatu yang tidak pernah dia ingat sebelumnya, sehingga orang itu tidak sadar berapa (rakaat) yang telah dia laksanakan?” (HR Bukhari dan Muslim).

Syeikh al-Utsmain, menjelaskan bahwa azan adalah media untuk mengusir  setan. Kumandang Azan akan membuat setan lari tunggal tanggang tintang pukang sambil terkentut- kentut.

Loading...

Setan sangat panik sampai mengeluarkan bau dari duburnya. Setan itu bisa mendengar dan melarikan diri dari zikir kepada Allah.

Allah memuji orang  muazin sebagai orang yang paling baik perkataannya. “Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah,

mengerjakan amal yang salih dan berkata: Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri.” (QS Fushshilat: 33).

Muazin juga dikatana Rasulullah SAW sebagai kepercayaan umat manusia. Dan seorang imam sebagai penanggung jawab shalat.

Rasulullah pun memberikan doa khusus pada seorang muazin agar diberi ampunan sebab dialah berperan dalam mengingatkan shalat.

Bukan hanya yang dijelaskan di atas saja, muazin juga akan diberikan pahala berlipat ganda oleh Allah.

Rasulullah SAW bersabda jika seandainya manusia mengetahui seruan azan, kemudian mereka tidak akan mendapatkannya kecuali lewat undian, niscaya mereka akan berundi. Seorang muazin sampai membuat Allah SWT bangga.

Dalam hadis riwayat Abu Dawud, Rasulullah SAW mengatakan bahwa Allah SWT telah menyaksikan orang-orang yang mengumandangkan azan dan iqamah karena rasa takut.

Allah pun telah memberikan ampunan kepada hamba-Nya dan memasukkannya ke dalam surga.

Tags: #Kalimat Toyyibah #Setan Lari #Terbirit-birit