Keutamaan Hari Jum’at dan Sunnah-sunnahnya

377 views

Sebagai umat Nabi Muhammad kita diberi keistimewaan dari umat-umat lainnya, iantaranya adalah Allah memlihkan hari yang sangat istimewa yaitu hari Jum’at.

Berikut ini sunnah-sunnah di hari Jum’at yang bisa anda kerjakan:

Membaca Surah as-Sajdah dan surat al-Insan
Pada hari Jum’at saat shalat Fajar/Subuh imam disunnahkan membaca الم تنزيل yaitu surat As-Sajdah dan surat Al-Insan

Dari Ibnu Abbas, “Bahwa Nabi Muhammad membaca pada waktu shalat fajar pada hari jum’at, (الم تنزيل) as-Sajdah dan al-Insan” (HR. Muslim no. 879)

Memperbanyak Baca Sholawat
Sunnah memperbanyak membaca shalawat di hari Jum’at atau pada malam harinya.

“Perbanyaklah membaca shalawat bagiku pada hari jum’at dan malam jum’at, sebab barangsiapa yang membaca shalawat kepadaku satu shalawat saja maka Allah akan membaca shalawat kepadanya sepuluh kali shalawat”. (HR. Al-Baihaqi 3/249 no. 5790)

Loading...

Mandi di Hari Jum’at
Disunnahkan mandi di hari Jum’at bahkan ada sebagian ulama berpendapat mandi di Jum’at itu wajib.

Dari Abi Sa’id al-Khudri berkata: “Aku bersaksi bahwa Rasulullah bersabda: Mandi pada hari Jum’at diwajibkan bagi orang yang telah mencapai usia baligh dan menjalankan shalat sunnah dan memakai minyak wangi jika ada.” (HR. Bukhari no.880)

Menggunakan Minyak Wangi dan Pakain Terbaik
Gunakan pakaian terbaik saat hari Jum’at dan pakailah wewangian, karena itu bagian dari sunnah Nabi Muhammad,

“Barangsiapa yang mandi pada hari Jum’at, memakai siwak, memakai pakaian yang terbaik, memakai minyak wangi jika dia memilikinya, memakai pakaian yang terbaiknya kemudian mendatangi masjid sementara dia tidak melangkahi pundak-pundak orang lain sehingga dia ruku’ (shalat) sekehendaknya, kemudian mendengarkan imam pada saat imam berdiri untuk berkhutbah sampai dengan selesai shalatnya maka hal itu sebagai penghapus dosa-dosa yang terjadi antara jum’at ini dengan hari jum’at sebelumnya.” (HR. Imam Ahmad: 3/81)

Membaca Surah al-Kahfi
“Barangsiapa yang membaca surat al-kahfi pada hari Jum’at maka sinar akan memancar meneranginya antara dua jum’at”. (HR. al-Hakim: 3/81)

Bersegera Menuju Shalat Jum’at
Jangan lalai saat hendak berangkat ke masjid untuk sholat Jum’at. Berangkatlah ke masjid di awal waktu.

Dari Aus ats-Tsaqofi dari Abdullah bin Amru berkata: “Aku telah mendengar Rasulullah bersabda: “Barangsiapa yang memandikan dan mandi, lalu bergegas menuju masjid, mendekat kepada posisi imam, mendengar dan memperhatikan khutbah maka baginya dengan setiap langkah yang dilangkahkannya akan mendapat pahala satu tahun termasuk puasanya.” (Imam Ahmad di dalam kitab musnadnya: 2/209)

***

Keutamaan Hari Jum’at
Dalam kitab shahihnya imam Muslim meriwayatkan dari Abi Hurairah dan Hudzaifah, Nabi bersabda:

“Allah telah merahasiakan hari jum’at terhadap umat sebelum kita, maka orang-orang Yahudi memiliki hari sabtu, orang-orang Nashrani hari ahad, maka Allah mendatangkan umat ini, lalu Dia menunjukan kita hari jum’at ini, maka Dia menjadikan urutannya menjadi jum’at, sabtu ahad, demikian pula mereka akan mengikuti kita pada hari kiamat, kita adalah umat terakhir di dunia ini namun yang pertama di hari kiamat, yang akan diputuskan perkaranya sebelum makhluk yang lain.” (HR. Muslim no: 856)

Nabi Muhammad juga bersabda di hadits lain, yaitu:

“Hari terbaik terbitnya matahari adalah pada hari jum’at, pada hari itu Adam diciptakan, pada hari itu pula dimasukkan ke dalam surga dan pada hari itu tersebut dia dikeluarkan dari surga.” (HR. Muslim no: 854)

Sebenarnya dalam Islam tidak hanya ada dua hari ‘ied (Idul Fitri dan Idul Adha), hari Jum’at juga termasuk hari ied. Sebagaimana hadits dari Ibnu Abbas,

“Sesungguhnya hari ini adalah hari raya, Allah menjadikannya istimewa bagi kaum muslimin, maka barangsiapa yang akan mendatangi shalat jum’at maka hendaklah dia mandi.” (Ibnu Majah no: 1098)

Hari Jum’at juga merupakan hari terkabulnya doa-doa yang dipanjatkan oleh umat Islam. Dalil haditsnya adalah;

“Sesungguhnya pada hari jum’at terdapat satu saat tidaklah seorang muslim mendapatkannya dan dia dalam keadaan berdiri shalat dia meminta kepada Allah suatu kebaikan kecuali Allah memberikannya, dan dia menunjukkan dengan tangannya bahwa saat tersebut sangat sedikit.” (HR. Muslim no: 852 dan Bukhari no: 5294) [ninaaka.wordpress.com]

Tags: #Keutamaan Hari Jum'at #Sunah-sunnah Hari Jum'at