Keutamaan Senyum Dari Sisi Kesehatan, Sosial dan Hadits Nabi SAW

Dalam Islam, Sesungging senyum kepada orang lain bernilai  sedekah dan mendapatkan pahala.

Dalam artian bahwa sedekah tak hanya uang dan harta, senyum ikhlas dan bermuka ceria juga bernilai sedekah dan gampang kita kerjakan.

Senyum yang menghibur, mencairkan suasana, menghilangkan ketegangan, menenangkan keresahan, meredakan amarah dan memperkuat rasa persaudaraan .

Menurut kesehatan, senyum bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dapat menurunkan tekanan darah, obat awet muda dan lain sebagainya.

Dari aspek sosial, senyum mampu memberikan energi baik, keramahan dan kesantunan serta  sarana penuh keakraban dan persaudaraan.

Senyum yang kita sunggingkan menjadikan orang lebih terbuka untuk berinteraksi dengan kita.

Loading...

Dalam hadits juga dijelaskan akan keutamaan dari senyum indah yang kita peresembahkan pada saudara kita.

INilah  hadis-hadis yang menjelaskan tentang senyuman yang diajarkan Rasulullah adalah:

Hadits Pertama
Dari Abu Dzar radhiyallahu’anhu, dia berkata, Rasulullah Saw bersabda, “Senyummu di hadapan saudaramu (sesama muslim) adalah (bernilai) sedekah bagimu.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Hibban).

Hadits Kedua
Dari Jarir bin Abdillah radhiyallahu’anhu dia berkata, “Sejak aku masuk Islam, Rasulullah SAW tidak pernah menolak aku untuk duduk bersama beliau. Dan tidaklah beliau melihatku kecuali beliau tersenyum kepadaku.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Hadits Ketiga
 Dari Abdullah bin Al Harits bin Jaz`i radhiyallahu’anhu dia berkata, “Aku tidak pernah melihat seseorang yang paling banyak senyumannya selain Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.” (HR. Tirmidzi)

Hadits Keempat
Jabir bin Samurah radhiyallahu’anhu berkata, ia menceritakan tentang kebiasaan Rasulullah Shallallahu alaiihi wa sallam,

“Beliau biasanya tidak berdiri dari tempat salat di mana beliau shalat shubuh padanya kecuali setelah terbit matahari.

Apabila matahari telah terbit barulah beliau berdiri. Sementara itu para sahabat bercakap-cakap membicarakan kejadian di masa jahiliyah,

lalu mereka tertawa, sedangkan beliau hanya tersenyum.” (HR. Muslim).

Hadits Kelima, 
Dari Abu Dzarr radhiyallahu’anhu dia berkata, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Senyummu kepada saudaramu merupakan sedekah, engkau memerintahkan yang ma’ruf dan melarang dari kemungkaran juga sedekah,

engkau menunjukkan jalan kepada orang yang tersesat juga sedekah, engkau menuntun orang yang berpenglihatan kabur juga sedekah,

menyingkirkan batu, duri, dan tulang dari jalan merupakan sedekah, dan engkau menuangkan air dari embermu ke ember saudaramu juga sedekah.” (HR. Tirmidzi)

Hadits Keenam 
Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Janganlah sekali-kali engkau menganggap remeh suatu perbuatan baik, meskipun (perbuatan baik itu) dengan engkau menjumpai saudaramu (sesama muslim) dengan wajah yang ceria.” (HR. Muslim).

loading...
loading...

Tags: #Hadits Senyum #Keutamaan Senyum #Senyum Sedekah