Kewajiban Istri, Harus Menjaga Rahasia Suami

2065 views

Yang paling tahu tentang dirimu adalah pasanganmu, bahkan orang tua mu sekalipun tidak tahu tentang hal yang sangat pribadi dari dirimu.

Sehingga pasanganlah yang menjadi tempat rahasia dan yang paling tahu hal yang paling pribadi.

Sebagai istri jangan sampai membeberkan aib suami karena hal tersebut adalah sifat yang tercela.

Karena perempuan itu cenderung bergosip sehinga kemungkinannya akan membuka aib suaminya, padahal hal tersebut tidak dibenarkan didalam Syariat Islam.

Karena bahaya besar jika istri sampai membuka aib suami.

Sebagaimana salah satu istri Nabi Muhammad yang menyebarkan aib beliau, maka datanglah hukuman keras hingga Nabi Muhammad pun bersumpah tidak akan mendekati istrinya selama satu bulan penuh.

Loading...

Allah SWT menurunkan Ayat-Nya yang berhubunagn dengan peristiwa tersebut.

وَإِذْ أَسَرَّ النَّبِيُّ إِلَىٰ بَعْضِ أَزْوَاجِهِ حَدِيثًا فَلَمَّا نَبَّأَتْ بِهِ وَأَظْهَرَهُ اللَّهُ عَلَيْهِ عَرَّفَ بَعْضَهُ وَأَعْرَضَ عَن بَعْضٍ

“Dan ingatlah ketika secara rahasia Nabi membicarakan suatu peristiwa kepada salah seorang istrinya (Hafsah). Lalu dia menceritakan peristiwa itu (kepada Aisyah) dan Allah memberitahukan peristiwa itu kepadanya (Nabi), lalu (Nabi) memberitahukan (kepada Hafsah) sebagian dan menyembunyikan sebagian yang lain …” (QS. at-Tahriim: 3)

Nabi Ibrahim pernah mendatangi Nabi Ismail (putranya), tapi Nabi Ibrahim tidak menjumpainya. Lalu beliau bertanya pada istri Nabi Ismail, dan dijawab:

“Dia keluar mencari nafkah untuk kami.” Kemudian Nabi Ibrahim bertanya lagi tentang kehidupan juga keadaan mereka, istrinya pun menjawab dengan penuh keluhan kepada Ibrahim: “Kami adalah manusia, kami dalam kesempitan dan kesulitan.” Ibrahim ‘Alaihis Salam berkata: “Jika datang suamimu, sampaikanlah salamku padanya dan katakanlah kepadanya agar ia mengganti ambang pintunya.” Maka ketika Ismail datang, istrinya menceritakan apa yang terjadi. Mendengar hal itu, Ismail berkata: “Itu ayahku, dan ia memerintahkan aku untuk menceraikanmu. Kembalilah kepada keluargamu.” Maka Ismail menceraikan istrinya. (HR. Bukhari)

Menurut Nabi Ibrahim, wanita yang gemar membuka aib suaminya dan suka mengeluh pada suaminya, maka tidak pantas menjadi istri Nabi.

Nabi Ibrahim pun memerintahkan putra, yaitu Nabi Ismail untuk menceraikan istrinya tersebut. [islampos.com]

Tags: #Aib Suami #Menutupi Aib #Rahasia Suami