Kisah Badui yang Menuntut Unta Pada Nabi dan Membuat Sahabat Marah

59 views

Pada suatu waktu ada seorang Badui melihat Rasulullah dengan para sahabat keluar dari masjid.

Langsung, Ia mencegah langkah Rasulullah SAW seraya menarik kerah baju Nabi kasar dan berteriak,

“Hai Muhammad! Berikanlah hakku! Kembalikan untaku! Aku yakin kau tidak sanggup mengembalikannya meskipun kaugunakan kekayaanmu ditambah milik ayahmu!”

Dengan perlakuan Orang tadi dengan kasar pada Rasulullah SAW, para sahabat marah. Para sahabat Nabi ingin membalas perlakuan kasar tersebut.

Akan tetapi tanpa rasa tersinggung sedikit pun, beliau mencegah para sahabat yang ingin membalas orang Baduy itu. Beliau bersabda, “Biarkanlah orang itu! Sesungguhnya dia memiliki hak berbicara untuk menuntut haknya!”

Lantas Nabi meminta kepada para sahabat, “Berikanlah kepadanya unta berumur sama dengan untanya yang aku pinjam!”

Loading...

Para sahabat pun mengikuti apa yang diperintahkan Oleh Nabi. Merekas bergegas mencari unta yang dimaksud Rasulullah SAW.

Akan tetapi kenyataan berkata lain. Ternyata para sahabat tidak menemukan unta tersebut, adanya unta yang lebih dewasa umurnya.

Dan pada kenyataanya, unta yang lebih dewasa itu lebih kuat dan lebih mahal daripada unta yang lebih muda.

Para sahabat pun berkata, “Wahai Rasulullah, kami tidak mendapatkan unta yang seumur dengan unta orang itu, kecuali unta yang lebih dewasa.”

Rasulullah SAW berkata, “Berikanlah unta dewasa itu kepadanya. Sesungguhnya orang yang paling baik di antara kamu ialah orang yang paling baik mengembalikan pinjamannya!”

Tags: #Meminta Unta #Orang Badui