Kisah Wanita Miskin Berkulit Hitam yang Mengirim Surat Pada Umar bin Abdul Aziz

Pada suatu waktu seorang utusan mengirim sepucuk surat pada Umar bin Abdul Aziz dari Giza di Mesir.

Orang yang mengirim surat itu adalah Furtunah as-Sauda. Pengirim surat itu menceritakan tentang dinding rumahnya yang rusak sehingga dengan leluasa menjadi jalan keluar masuknya para pencuri ayam.

Setelah membaca suratnya, Khalifah di Ibukota Syam itu, Dengan bergegas mengirimkan surat untuk Gubernur di Mesir, Ayub bin Syurahbil menyampaikan keinginannya agar supaya Gubernur mau turun tangan untuk memperbaikinya.

Setelah menerima surat dari Amirul Mukminin, Ayub bin Syurahbil itu, sang khalifah lantas dengan cepat pergi ke Giza. Dan mencari rumah Furtunah as-Sauda disana. Setelah ditemukan ternyata ia adalah seorang perempuan berkulit hitam dan miskin. Dan segeralah dinding itu dibuatkannya dengan baik dan bagus.

Dalam sabda Nabi, “Barangsiapa diserahi kekuasaan urusan manusia, lalu menghindar (mengelak) untuk melayani kaum lemah dan orang yang membutuhkannya, maka Allah tidak akan mengindahkannya pada hari kiamat.” (HR Ahmad)

Itulah Pemimpin masa dulu yang senantiasa memenuhi kebutuhan rakyak kecil yang miskin bukan malah memanfaatkan rakyat jelata.

Loading...

Tags: #Kulit Hitam #Orang Baik #Rakyat Jelata