Kisah Wanita yang Dicakar Kucing di Neraka Karena Pernah Mengurungnya Sampai Mati

449 views

Rasulullah SAW diperlihatkan Surga dan Neraka pada saat sholat gerhana. Rasulullah menceritakan adanya perempuan yang disiksa di neraka dengan dikejar-kejar dan dicakar-cakar kucing.

Syaikh ‘Umar Sulaiman al-Asyqor  dalam buku” Kisah-Kisah Shahih Dalam Al-Qur’an dan Sunnah ” menceritakan kisah perempuan Himyariyah Israiliyah.

Sewaktu masih hidup ia mengurung kucing, tidak memberinya makan dan minum sampai kucing itu mati.

Kucing itu mengadu kepada Tuhannya karena telah didzalimi oleh wanita yang hatinya keras.

Di dalam neraka Rasulullah melihat kucing itu mengejar wanita yang telah mengurungnya di dunia. Bekas-bekas cakaran tergores di wajah dan tubuhnya.

Kisah ini merupakan contoh hukuman bagi orang yang menyakiti hewan tidaklah main-main.

Loading...

Diriwayatkan Al Bukhari dan Muslim. Dari Ibnu Umar ra bahwa Rasulullah SAW bersabda,

“Seorang wanita dimasukkan ke dalam neraka karena seekor kucing yang dia ikat dan tidak diberikan makan bahkan tidak diperkenankan makan binatang-binatang kecil yang ada di lantai,” (HR Bukhari).

Dalam beberapa hadits Nabi menekankan jika kucing itu tidak najis. Bahkan  berwudhu dari  air bekas minum kucing diperbolehkan.

Nabi Bersabda: “Ketika Nabi Muhammad akan berwudhu dihampiri oleh seekor kucing dan kucing tersebut minum di bejana tempat beliau wudhu. Nabi berhenti hingga kucing tersebut selesai minum lalu berwudhu”. (HR Muslim).

Dan islam tidak menghukumi kucing itu najis sebab itu adalah hewan yang sering berkeliaran di sekitar rumah atau binatang rumahan.

Dalam hadits Nabi menyampaikan: “Kucing itu tidak najis, ia binatang yang suka berkeliling di rumah (binatang rumahan)”. (HR Tirmidzi).

Dan Allah juga memerintahkan kita agar sayang pada hewan.

Allah berfirman:

وَإِنَّ لَكُمْ فِي الْأَنْعَامِ لَعِبْرَةً ۖ نُسْقِيكُمْ مِمَّا فِي بُطُونِهَا وَلَكُمْ فِيهَا مَنَافِعُ كَثِيرَةٌ وَمِنْهَا تَأْكُلُونَ

“Dan sesungguhnya pada hewan hewan ternak benar benar terdapat pelajaran yang penting bagi kamu. Kami memberi minum kamu dari air susu yang ada dalam perutnya dan juga hewan hewan itu terdapat faedah yang banyak untuk kamu”. (QS Al Mu’minun : 21).

Diriwayatkan dalam kisah yang terdapat dalam Kitab HR Muslim, “Suatu hari ketika Nabi hendak mengambil jubahnya, beliau menemui mueza sedang tertidur lelap di jubahnya.

Nabi tak ingin mengganggu hewan kesayangannya tersebut hingga Nabi pun memotong lengan yang ditiduri dalam jubahnya.

Sesampainya di rumah Nabi mendapati muezza sudah terbangun da bersujud padanya, Nabi pun membalas dengan mengelus tubuhnya sebanyak 3 kali.”

Itulah cerminan sayangnya Nabi pada Hewan yang namanya kucing semoga kita juga bisa meneladani akhlak Nabi SAW.

loading...
loading...

Tags: #Nyiksa kucing #Sayang kUcing #Siksa Neraka