Kumpulan Doa Untuk Ibu yang Sudah Meninggal

2601 views

Kita sebagai anak memang tidak akan pernah bisa menebus jasa ibu yang telah membesarkan kita, maka menjadi kewajiban bagi anak untuk mendoakan ibunya yang sudah meninggal dunia.

Menurut Syekh M Nawawi Banten, dalam kitab Nihayatuz Zain, hadiah terbaik orang-orang yang masih hidup (kita sebagai anak) kepada orang yang telah meninggal dunia adalah dengan mendoakan (ibu) dan mohonan ampunan kepada Allah, agar dosa-dosa ibu kita diampuni.

Berikut ini adalah kumpulan doa yang bisa anda baca dikhususkan untuk ibu yang telah meninggal dunia:

Doa Kesatu

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Latin:

Rabbighfir lī, wa li wālidayya, warham humā kamā rabbayānī shaghīrā.

Artinya:
“Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil.”

Loading...

Doa Kedua

رَّبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

Latin:

Rabbir-ḥam-humā kamā rabbayānī shahgīrā

Artinya:
“Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil”

Do ini diambil langsung dari kitab suci al-Qur’an dalam surah al-Isra’ ayat 24.

Doa Ketiga

اللّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِلْمَاءِ وَالشَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّ نَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارً اخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَادْخِلْهُ الجَنَّةَ وَاعِذْهُ مِنْ عَدَابِ الْقَبرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

Latin:

Allahummaghfir lahu warhamhu wa ‘aafihi wa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu wa wassi’ madkholahu, waghsilhu bil maa i wats-tsalji walbarodi wa naqqihii minal khothoo ya kamaa yunaqqots- tsawbul abyadhu minad danas, wa abdilhu daaron khoiron min daarihii wa ahlan khoiron min ahlihii wa zawjan khoiron min zawjihi, wa adkhilhul jannata wa a ‘idzhu min ‘adzaabil qobri wa fitnatihi wa min ‘adzaabin naar.

Artinya:
“Wahai Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah dia. Dam muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan seperti baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka.”

Anda bisa memilih salah satu dari tiga doa diatas, tergantung mana yang paling anda yakini untuk dibaca. Semakin yakin, maka Allah akan lebih mudah mengabulkan doa anda.

Selain itu, doa-doa diata tidak hanya sebatas untuk mendoakan ibu yang telah meninggal dunia. Tapi juga bisa dibacakan kepada ayah/bapak yang telah meninggal dunia.

Atau juga bisa anda langsung khususkan kepada kedua orang tua yang telah meninggal dunia.

loading...
loading...

Tags: #Doa Ibu #Ibu Meninggal #Mendoakan Ibu