Lakukan 3 Hal Ini Agar Disayang Mertua

607 views

Setiap menantu pasti ingin disayang oleh mertuanya. Meski pun untuk mencapai level ini bukan perkara mudah, akan tetapi bukan berarti kita tidak bisa mewujudkannya.

Karena ketika kita sudah diterima dengan baik dan disayang oleh mertua tentu akan ada banyak kebaikan yang kita dapatkan, bukan hanya kepada diri kita dan pasangan melainkan kepada anak-anak kita.

Karena menurut Psikolog Najelaa Shihab, hubungan buah hati kita dengan nenek atau kakeknya berpengaruh besar terhadap tumbuh perkembangan emosi sang anak hingga dewasa.

Tapi bagaimana caranya agar bisa disayang mertua? Menigngat untuk membangun hubungan yang harmonis dengan mertua tidak semudah yang kita bayangankan. Tidak usah bingung, cukup ikut beberapa tips berikut ini:

1. Empati Dengan Mertua
Hal pertama adalah sikap empati. Jadilah menantu yang tidak egois, kita harus memiliki pemahaman bahwa mertua kita juga menyayangi anaknya, menantunya juga cucunya.

Menurut Najelaa Shihab, yang paling penting dan harus dimiliki oleh menantu adalah rasa empati. Jangan selalu beranggapan mertua tidak menyayangi anda.

Loading...

Selain itu, carilah informasi bagaimana pola asuh mertua dimasa lalu terhadap pasangan kamu. Dengan begitu kita mudah memahami pola asuh anak kita sesuai dengan keinginan mertua kita.

2. Memberi Kesempatan Kepada Mertua
Sebagai menantu harus memberikan peran kepada mertua, meski bukan dalam segala hal.

Kita bisa berbagi pekerjaan seperti mengasuh anak, hingga kita tahu bagaimana caranya menjadi ibu yang lebih baik, karena sudah/sambil belajar sama mertua yang sudah pengalaman.

3. Membuat Kesepakatan Bersama
Bangunlah komunikasi yang baik dengan mertua agar semua hal bisa dinegosiasi sehingga mendapatkan kesepakatan bersama, mulai dari hal-hal kecil hingga urusan serius.

Dengan seperti itu, mendidik anak bersama mertua jadi lebih mudah dan menyenangkan, meskipun hal ini tidak mudah dan membutuhkan waktu.

Kita harus bersabar melalui proses ini, disamping karena untuk jangka panjang dan juga sebagai pembelajaran yang bermakna.

Kita sebagai menantu harus bisa memperlakukan mertua dengan tulus, karena nantinya mertua akan mengerti dan akan menerima kita dengan tulus pula.

Sebagai menantu kita harus lebih sabar, lebih banyak usaha, saling belajar, ikhlas serta beruaha menciptakan hubungan yang harmonis, maka kita akan disayang oleh mertua. [islampos.com]

Tags: #Akur Dengan Merua #Disayang Mertua