Lakukan 5 Cara Ini Dalam Mendidik Anak Agar Tidak Berbohong

82 views

Memiliki kebiasaan berbohong merupakan hal yang tidak baik, dan pada dasarnya perilaku berbohong dilakukan oleh orang dewasa, namun tidak jarang anak kecil juga bisa melakukan hal itu.

Ada banyak faktor apa yang membuat dia beranai dan bisa berbohong, yang pertama dari lingkungan sekitar dan yang ke dua dari sekolah.

Seorang anak cerminan dari orang tua, maka dari itu kamu sebagai orang tua harus bisa mendidik anak untuk tidak membarkan dia menjadi pribadi yang suka berbohong.

Beri anak pengertian bahwa berbohong itu tidak boleh, dan berbohong hanya akan menyelamatkan dirinya sementara saja dan akan beresiko besar.

Maka dari itu bidan mulai melakukan pendekatan kepada anak mulai dari emosi dan perasaan, untuk memberikenyamanan kepada anak agar anak memiliki tempat untuk bercerita dan enggan berbohong.

Bunda tidak perlu khawatir, coba deh lakukan 5 cara ini dalam mendidik anak supaya tidak tumbuh menjadi pribadi yang suka berbohong.

Loading...

1. Jangan Selalu Menyalahkan Sang Anak
Ketika bunda sedang menemukan anak berbohong, jangan sekali-kali bersikap keras padanya apalagi memarahinya karena dia juga akan berani kasar pada bunda.

Maka dari itu oelu dia, beri pengertian bahwa jujur itu lebih baik karena dengan tidak menyalahkan anak dia akan menerima nasihat bunda dan dia akan mengerti maksu dari berkata jujur.

2. Ajarkan Bahwa Tidak Pernah Ada Kebenaran Dalam Setiap Kebohongan
Terkadang anak bercerita mengenai hal lucu namun yang sedang dia ceritakan merupakan kebohongan dan bunda tidak bisa membiarkan ini terus-menerus terjadi.

Bunda harus bisa meberi anak nasehat agar perilaku berbohong tidak di anggap sepele olehnya.

3. Orang Tua Adalah Panutan Terbesar Bagi Sang Anak
Oranf tua adalah panutan bagi anak, dari kecil dia sudah bisa melihat, mendengar apa saja perilaku orang tuanya, dan semuanya akan di tiru.

Maka dari untuk mendidik anak menjadi pribadi yang tidak suka berbohong orang tua harus bisa memberi contoh yang baik dengan selalu berkata jujur dan tidak pernah berbohong.

4. Cari Tahu Penyebab Kenapa Anak Berbohong
Kenapa orang tua harus enjadi orang yang paling dekat anak dan melakukan pendekatan dengan anak, agar bunda bisa tahu apa penyebab dari dirinya berbohong.

Karena kemunginan ia berbohng adalah rasa takut yang berlebihan sehingga dia berbohong dan tidak mau berkata jujur, maka dari itu beri dia kenyamanan agar dia tidak terus mengulangi kebhongan lainnya.

5. Beri Pujian Ketika Anak Berkata Jujur
Setelah bunda melakukan hal-hal di atas, bunda dapat mengapresiasi dengan kejujuran anak, karena dia sudah menjadi pribadi yang lebih baik lagi. [fanind.com]

Tags: #Mendidik Anak #Rumah Tangga