Lakukan 5 Hal Ini Jika Jodoh Tidak Kunjung Datang

102 views

Faktanya hidup itu tidak seindah yang kita bayangkan, semua yang kita inginkan tercapai dan kita miliki. Di dalam hiudp ini akan selalu ada hal yang tidak kita inginkan terjadi.

Salah satunya adalah ketika kita sudah sepantasnya menikah namun tidak kunjung bertemu dengan jodoh kita, padahal umur semakin menambah, kita menginginkan pasangan namun keinginan itu belum terkabulkan. Qadarullah, jodoh juga belum juga menghampiri.

Hal ini tentu membuat kita sedih, namun tak ada yang bisa kita lakukan kecuali sabar, yakinlah bahwa orang yang sabar akan selalu disayang oleh Allah.

Hanya karena kkta belum dipertemukan dengan joodh kita bukan berarti Allah mengabaikan kita, namun belum waktunya saja. Tetaplah bersabar yakin saja bahwa semua akan indah pada waktunya.

Selama kita menunggu jodoh, kita harus melakukan beberapa hal ini agar kita terhindar dari hal-hal yang buruk dan tidak diridhoi oleh Allah

1. Mensyukuri Fitrah
Fitrah manusia itu adalah memiiki perasaan cinta. Perasaan cinta kepada lawan jenis, kepada pasangannya, orang tua kepada anak, manusia kepada harta benda, jabtan dan sebagainya.

Loading...

Hal ini adalah fitrah manusia yang diberi Allah seperti yang tertulis didalam al-Qur’an surat Ali Imran ayat 14:

زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوَاتِ مِنَ النِّسَاءِ وَالْبَنِينَ وَالْقَنَاطِيرِ الْمُقَنطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَالْخَيْلِ الْمُسَوَّمَةِ وَالْأَنْعَامِ وَالْحَرْثِ ۗ ذَٰلِكَ مَتَاعُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا ۖ وَاللَّهُ عِندَهُ حُسْنُ الْمَآبِ

Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).” (QS. Ali Imran: 14)

Mak adari itu kita harus bersyukur dengan apapun yang kita miliki saat ini. Semua nikmat yang Allah berikan harus kita syukuri.

Meski belum siap menikah selama kita masih bisa mencintai lawan jenis maka hal itu harus kita syukuri.

Sebab masih banyak dari kita yang tidak pandai bersyukur atas nikmat yang Allah berikan. Mereka melakukan hal terlarang seperti perempuan mencintai perempuan dan laki-aki mencintai laki-laki.

Ketahuilah bahwa cinta terlarang tidak akan memberikan kebahgaiaan justru malah sebaliknya.

Tidakkah kita berfikir bahwa hewan saja menikah bukan dengan yang sejenis melainkanberpasangan dengan yang beda jenis sehingga melahirkan keturunan.

Maka sama halnya dengan manusia. Salah satu tujuan laki-laki dan perempan menikah adalah untk melahirkan generasi baru yang tentu lebih baik dari sebelumnya.

2. Menahan Pandangan
Tips kedua yang perlu anda lakukan jika jodoh tak kunjung datang, sudah diterangkan di dalam ayat al-Qur’an berikut ini:

يَغُضُّوا مِنْ أَبْصَارِهِمْ وَيَحْفَظُوا فُرُوجَهُمْ ۚ ذَٰلِكَ أَزْكَىٰ لَهُمْ ۗ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا يَصْنَعُونَ

“… agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu, lebih suci bagi mereka. Sungguh, Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.” (QS. an-Nur: 30)

Yang tersirat dari ayat diatas yaitu perintah Allah untuk kita agar menahan pandangan dari hal yang haram dan harus memelihara kemaluan.

Allah juga memerintahkan kita untuk menutup aurat agar kemaluannya terjaga. Terjaga dari hal yang tidak diinginkan seperti tindakan tidak senonoh.

3. Menjaga Diri
Perjuangan yang sangat sulit ketika seseorang belum menikah adalah menjaga diri dari perbuatan zina.

Kita harus mentaati perintah Allah sebagaimana Allah berfirman dalam surat Al Isra ayat 32, memerintahkan kita untuk menjaga diri dari perbuatan zina karena zina adalah perbuatan keji lagi buruk.

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنَا ۖ إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلًا

“Dan janganlah kamu mendekati zina; (zina) itu sungguh suatu perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk.” (QS. al-Isra: 32)

Pertebal keimanan kita kepada Allah agar terhindar dari perbuatan zina ini. Karena Rasulullah SAW bersabda:

“Seorang pezina yang akan berzina tak akan jadi berzina ketika dalam keadaan beriman.” (HR Bukhari)

Syariat islam sangat tegas dalam menghukum seorang pezina. Hukumannya yaitu dengan cara dicambuk di halayak umum sebanyak 100 kali serta diasingkan selama satu tahun dan itu hanya hukuman di dunia saja.

Dalam sebuah hadits Nabi Muhammad SAW bersabda, akan ada iga gologan yang tidak akan diajak bicara oleh Allah diakhirat nanti, salah satunya adalah pezina.

Lalu bagaimana nasibnya jika tidak diajak bciara oleh Allah di hari kiamat? sedangkan tujuan kita adalah akhirat karena dunia hanya sementara.

4. Menahan Nafsu
Yang harus dilakukan oleh seseorang yang belum menikah adalah menahan hawa nafsu. Karena manusia tempatnya salah dan dosa sehingga harus bisa menhaan diri dan melawan hawa nafsunya.

Hawa nafsu hanya akan embuat kita binasa jika dituruti. Hawa nafsu akan mendoorong kita pada kejahatan jika kita tidak mampu menahannya.

Maka perbanyaklah istighfar ketika ada keinginan untuk menuruti hawa nafsu, kita harus selalu ingat Allah dimana pun kita berada.

Hindari berkumpul dengan lawan jenis yang akan membuat kita terdorong melakukan hal keji. Segeralah bertaubat kepada Allah sebab Allah maha pengampun lagi maha penyayang.

5. Puasa
Hal yang tidak kalah penting bagi orang yang belum mampu menikah adalah berpuasa. Rasulullah SAW bersabda,

“Wahai generasi muda, barang siapa di antara kalian telah mampu serta berkeinginan menikah. Karena sesungguhnya pernikahan itu dapat menundukkan pandangan mata dan memelihara kemaluan. Dan barang siapa diantara kalian belum mampu, maka hendaklah berpuasa, karena puasa itu dapat menjadi penghalang untuk melawan gejolak nafsu.” (HR. Bukhari, Muslim)

Resep jitu yang diberikan oleh Rasulullah SAW untuk para jomblo adalah berpuasa. Karena puasa bisa memberikan dampak besar dalam menahan dan melawan gejolak hawa nafsu. [ummi-online.com]

Tags: #Belum Menikah #Tips Para Jomblo