Makan Malam Hari Dianggap Bikin Gemuk, Padahal Ini Manfaatnya

2101 views

Banyak yang beranggapan jika ingin kurus maka harus menjaga pola makan dan dilarang makan pada malam hari.

Banyak orang menganggapan makan pada malam hari bisa membuat tubuh gemuk, karena tubuh tidak melakukan aktivitas sehingga kalori yang dikonsumsi hanya menjadi lemak di dalam tubuh.

Padahal makan malam hari bisa juga memberi manfaat bagi kita semua, diantaranya adalah:

1. Menurunkan dan Mengontrol Kadar Gula Darah
American Journal of Clinical Nutrition pernah menerbitkan sebuah penelitian yang mengatakan bahwa apa yang kita makan di malam hari akan mempengaruhi respon tubuh pada esok harinya.

Selain itu juga bisa menurunkan kadar gula darah dan menjaganya agar tetap stabil hingga esok hari.

Tapi jangan mengkonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat dan sebaiknya konsumsilah makanan yang tinggi protein dan serat.

Loading...

2. Meningkatkan Proses Pembentukan Otot
Jika pola makan malam sudah tepat maka kalori yang masuk ke dalam tubuh akan diolah menjadi bahan bakar pembentukan otot, apalagi jika makannya setelah berolahraga malam.

Dikutip dari jurnal Nutrients, makan di malam hari bisa membantu sintesis otot selama tidur, asalkan menu makan malamnya hanya protein dengan 150 kalori.

3. Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Makan malam dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga membuat perut tidak mudah lapar saat pagi hari.

Karena tubuh sudah terlebih dahulu mengubah energi yang di dapat dari makan malam harinya.

4. Tidur Lebih Nyenyak
Dalam kondisi kenyang biasanya seseorang akan tidur lebih nyenyak dari biasanya, karena tubuh secara alami tidak bisa tidur jika perut kosong.

Hal senada juga diungkapkan oleh penelitian yang dimuat di jurnal Neuron, makan malam bisa melepaskan melatonin dan membantu tubuh agar cepat tidur.

Makan malam ini juga bisa membantu para penderita insomnia agar bisa cepat tidur, tanpa harus mengokonsumsi obat tertentu. [fimela.com]

Tags: #Makan Malam #Manfaat