Makmum Dewasa dan Anak Kecil, Ini Posisinya yang Dijelaskan Hadits Nabi

Shalat berjamaah punya manfaat yang sangat luar biasa. Tak hanya berlipat gandanya pahala, keakraban dan kerukunan seiman dan seagama juga akan terjalin harmonis.

Walaupun demikian berjamaah bukan serta-merta kita melakukannya. Shalat berjamaah tak sama dengan shalat sendiri. Aturannya juga beda. Termasuk dalam posisi makmum.

Jadi, di mana posisi makmum yang baik dan benar ketika shalat berjamaah?

Seseorang imam dengan satu makmum, maka satu makmum itu berdiri di sebelah kanan imam. Jika imamnya wanita, maka makmum satu wanita itu berdiri di sebelah kanan imam wanita.

Jika mengimami dengan makmum banyak, maka mereka berdiri di belakang imam.

Jika makmum jamaah laki-laki dan wanita, maka jamaah laki-laki berdiri di belakang imam dan jamaah wanita di belakang jamaah laki-laki.

Loading...

Jika mengimami satu makmum anak kecil maka berdiri di samping imam, dan wanitanya berdiri di belakang keduanya.

Adapun dalil Hadits  Rasulullah SAW. yang menjelaskan sebagaimana berikut ini;

Hadits Pertama

Rasulullah SAW bersabda, “Shaf orang laki-laki yang paling baik ialah shaf terdepan, dan shaf mereka yang paling buruk ialah shaf terbelakang.

Shaf wanita yang paling baik ialah shaf terbelakang, dan shaf mereka yang paling buruk ialah shaf terdepan,” (Diriwayatkan Muslim).

Hadits Kedua

Rasulullah SAW pernah shalat dalam perang, kemudian Jabir datang dan berdiri shalat di sebelah kiri beliau, kemudian beliau memutarnya ke sebelah kanan beliau.

Kemudian Jabir bin Shakhr datang dan berdiri di sebelah kiri beliau memegang kedua-duanya dengan tangannya dan mendirikan keduanya di belakang beliau. (Diriwayatkan Muslim).

Hadits Ketiga

Anas bin Malik RA berkata, “Rasulullah SAW shalat bersamaku dan ibuku. Beliau mendirikanku di sebelah kanannya, dan mendirikan ibu di belakang kita,” (Diriwayatkan Muslim).

Hadits Keempat

Anas bin Malik RA berkata, “Aku dan sanak yatim berdiri di belakang Rasulullah SAW, sedang wanita di belakang kami,” (Diriwayatkan Al-Bukhari).

Tags: #Makmum Anak Kecil #Makmum Laki-laki #Makmum Wanita