Manfaat Berkumur Saat Wudhu’ Bagi Kesehatan Mulut

896 views

Banyak hal yang diajurkan kepada kita saat hendak melaksanakan shalat, terutama harus suci dari hadats seperti mensucikan diri dengan berwudhu’.

Landasan wajibnya wudhu’ tertera jelas dalam firman Allah surah al-Maidah ayat 5:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ ۚ وَإِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوا

Artinya:
“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah” (QS. al-Maidah: 5)

Sebelum berwudhu’ kita juga disunnahka berkumur-kumur. Selain itu, pengaruh kumur-kumur juga pengaruh pada kesehatan seseorang.

Dalam buku Mukjizat Berwudhu’ karya Oan Hasanuddin disebutkan, mulut juga merukana bagian dari sistem pencernaan makanan secara mekanik dan kimiawi.

Sehingga, akan banyak meninggalkan sisa-sisa makanan yang diurai oleh mikroorganisme. Maka dengan berkumur bisa membersihkan sisa makanan yang terselip di gigi.

Loading...

Dengan demikian, kesehatan jasmani pun akan terjaga, karena kotoran yang ada di rongga mulut sisa makanan dan minuman serta serta sisa-sisa metabolisme menjadi bersih karena berkumur sebelum wudhu’.

Tags: #Berkumur-kumur #Berwudhu