Manfaat Surat al-Fatihah Untuk Pengobatan

1915 views

Al-Qur’an menjadi penyembuh segala penyakit, namun ada beberapa orang yang membacakan surah Al-Qur’an lalu diminumkan kepada orang yang sakit, sehingga menimbulkan pertanyaan:

“Apakah perbuatan yang demikian termasuk syirik?”

Ada yang mengatakan melakukan pengobatan dengan cara yang demikian diperbolehkan karena cara pengobatan yang seperti itu termasuk dengan tata cara ruqyah yang sesuai dengan syari’at.

Ruqiyah yang dilakukan dengan menggunakan air yang pernah dicontohkan oleh para ulama, namun perlu diingat bahwa jangan pernah melanggar syari’at.

Oleh Sebab itu Rasulullah SAW memberikan kaidah agar tidak salah dalam melaksanakannya.

اعْرِضُوْا عَلَيَّ رُقَاكُمْ لاَ بَأْسَ بِالرُّقَى مَالَمْ يَكُنْ فِيْهِ شِرْكٌ

Loading...

“Tunjukkan kepadaku ruqyah-ruqyah kalian. Ruqyah itu tidak apa-apa selama tidak mengandung unsur kesyirikan.” [HR. Muslim dan Abu daud daru ‘Auf bin Malik]

Ibnul Qayyim dan Syaikh bin Baz berpendapat bahwa hukum dari ruqyah itu adalah boleh, selama tidik bertentangan dengan syari’at Islam.

Jadi tidak perlu menanyakan apakah syirik dan apa dasar ruqiyah itu sendiri, sehingga tidak tepat jika menanyakan apa yang menjadi dasar ruqiyah.

Karena Rasulullah SAW telah memberi batasan bahwa ruqyah itu adalah metode untuk pengobatan.

Ruqyah juga adalah doa, sedangkan doa dan berobat para ulama sepakat bahwa itu boleh selama tidak ada hal-hal yang diharamkan oleh syari’at. Apalagi yang dibaca adalah al-Fatihah, atau surah-surah lainnya sangat tidak masalah. [almanhaj.or.id]

Tags: #Pengobatan Dengan Al-Qur'an #Ruqiyah #Surah Al-Fatihah