Manfaat Surat al-Ikhlas

1749 views

Surat yang sangat pendek yaitu surah Al-Ikhlas menjadi surah favorit bagi kebanyakan orang, disamping mudah dihafalkan, surah ini memiliki banyak khasiat.

Sehingga banyak dari kita yang selalu menggunakan surah ini. Berikut ini fadilah dan keistimewaan surah Al-Ikhlas:

1. Surat al-Ikhlas Setara Dengan Tsulutsul Quran
Keistimewaan surat al-Ikhlas ialaha sebanding dengan bacaan sepertiga al-Qur’an. Pendapat ini berdasarkan hadits Nabi:

“Dari Abu Said (Al Khudri) bahwa seorang laki-laki mendengar seseorang membaca dengan berulang-ulang Qul huwallahu ahad. Tatkala pagi hari, orang yang mendengar tadi mendatangi Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dan menceritakan kejadian tersebut dengan nada seakan-akan merendahkan surat al-Ikhlas. Kemudian Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Demi yang jiwaku berada di tangan-Nya, sesungguhnya surat ini sebanding dengan sepertiga al Quran”. (HR. Bukhari no. 6643)

Ada juga yang perpendapat bahwa yang mendengar (yang disebutkan di dalam hadits diatas) adalah Abu Said al-Khudri, sedangkan membaca surat tersebut adalah saudaranya Qotadah bin Numan.

Begitu juga dalam hadits:

Loading...

“Dari Abu Darda dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam, beliau shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Apakah seorang di antara kalian tidak mampu untuk membaca sepertiga Al Quran dalam semalam?” Mereka mengatakan, “Bagaimana kami bisa membaca seperti Al Quran?” Lalu Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Qul huwallahu ahad itu sebanding dengan sepertiga Al Quran.” (HR. Muslim no. 1922)

An-Nawawi menjelaskan, dalam riwayat yang lainnya dikatakan:

“Sesungguhnya Allah membagi Al Quran menjadi tiga bagian. Lalu Allah menjadikan surat Qul huwallahu ahad (surat Al Ikhlash) menjadi satu bagian dari 3 bagian tadi.” Lalu Al Qodhi mengatakan bahwa Al Maziri berkata, “Dikatakan bahwa maknanya adalah al-Quran itu ada tiga bagian yaitu membicarakan: (1) kisah-kisah, (2) hukum, dan (3) sifat-sifat Allah.

Sedangkan surat Qul huwallahu ahad (surat Al Ikhlash) ini berisi pembahasan mengenai sifat-sifat Allah. Oleh karena itu, surat ini disebut sepertiga Al Quran dari bagian yang ada.” (Syarh Shohih Muslim, 6/94)

Apakah Surah al-Ikhlas Bisa Menggantikan Sepertiga al-Qur’an?
Ketika seseorang membaca surah Al-Ikhlas sebanyak tiga kali sudah sama dengan membaca surah al-Qur’an 30 Juz? Ada sebagian orang yang menyakini hadis diatas bahwa sesuatu yang bernilai sama belum tentu bisa menggantikan.

Itulah surah Al-Ikhlas yang sama dengan sepertiga Al-Qur,an akan tetapi tidak bisa menggantikan al-Qur’an.

Salah satu bukti bahwa ketika seseorang mengulang surah Al-Ikhlas sebanyak tiga kali dalam shalatnya maka ia tidak bisa menggantikan surah Al-Fatihah sebab surah Al-Fatihah adalah rukun shalat.

Dengan demikian surah Al-ikhlas tidak akan bisa menggantikan sepertiga Al-Qur’an, jika kita membaca sebanyak tiga kali hanya bernilai sama dengan sepertiganya.

Apakah Seseorang cukup dengan membaca Dzikir Ini? jawabannya tidak cukup karena membaca dzikir ini hanya bernilai sama bukan menggantikan. (Diringkas dari Syarh Al Aqidah Al Wasithiyyah 97-98, Tafsir Juz Amma 293)

2. Membaca al-Ikhlas 10 Kali Akan Dibangunkan Rumah di Surga
Jika seseorang membaca al-Ikhlas sebanyak 10 kali maka Allah akan membangunkan rumah di surga untuknya. Sebuah hadis mengatakan:

“Barang siapa membaca surah al Ikhlash hingga selesai 10x, maka Allah membangunkan baginya sebuah rumah di surga.” [HR. Ahmad]

3. Membaca al-Ikhlas Akan Mendapatkan Kecintaan Dari Allah
Keutamaan lain dari surah al-Ikhlas, Allah akan mencintai siapa saja yang mebaca surah al-Ikhlas.

Mengutip pendapat dari Ibnu Daqiq al-Ied dalam kitab Fathul Bari berdasarkan hadits Nabi, “Kabarkan padanya bahwa Allah mencintainya”. Beliau mengatakan, “Maksudnya adalah bahwa sebab kecintaan Allah pada orang tersebut adalah karena kecintaan orang tadi pada surat Al Ikhlash ini. Boleh jadi dapat kitakan dari perkataan orang tadi, karena dia menyukai sifat Rabbnya, ini menunjukkan benarnya itiqodnya (keyakinannya terhadap Rabbnya).”

Itulah beberapa keistimewaan dan fadilah surah Al-Ikhlas yang bisa kita ketahui dan amalkan. [inilahkoran.com]

Tags: #Keistimewaan Surah Al-Ikhlas #Surah Al-Ikhlas