Masak Pakai Rice Cooker Nasi Cepat Basi? Ini Penyebabnya

3138 views

Jaman sekarang kebanyakan orang memasak nasi menggunakan rice cooker, tapi kekurangan rice cooker kadang bikin nasi mudah basi.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan nasi mudah basi jika dimasak dengan rice cooker, diantaranya adalah:

1. Beras Kurang Bersih
Penyebab pertama adalah beras yang kita cuci kurang bersih. Jadi, usahakan untuk selalu mencuci beras hingga warnanya bening dan cucilah dengan air yang mengalir.

2. Kebanyakan Air
Takaran air yang terlalu banyak akan menyebabkan nasi mudah basi. Karena terlalu banyak air membuat nasi memiliki tektur lembek.

3. Tidak Menutup Rapat Rice Cooker
Kurang menutup rapat atau rice cooker tidak tertutup rapat akan membuat udara dari luar masuk ke dalam dan membuat suhu di dalam rice cooker tidak stabil.

Maka dari itu, sebelum meninggalkan rice cooker harus diperhatikan kerapatan tutupnya.

Loading...

4. Mengaduk Nasi
Jika nasi diaduk setelah matang akan menyebabkan mudah basi. Karena setiap butir nasi mengandung uap panas, kalau diaduk maka uap tersebut akan menjadi air.

5. Listrik Tidak Stabil
Aliran listrik yang kurang stabil bisa menyebabkan rice cooker tidak bisa mengantarkan panas dengan baik, sehingga membuat nasi tidak matang sempurna.

Jika listrik di rumah kamu sering tidak stabil bukan hanya bikin nasi cepat basi, tapi rice cooker kamu akan mudah rusak. [fimela.com]

Tags: #Mudah Basi #Nasi Basi #Rice Cooker