Masih Trauma dan Ingin Cepat Move On? Begini Caranya

382 views

Bagi sebagian orang sangat tidak mudah untuk memulai hubungan yang baru setelah gagal menjalin hubungan atau stelah disakiti oleh orang yang paling dicintai.

Rasa sakit masa lalu membuat kita malas untuk membuka hati dan menjalin hubungan dengan orang baru.

Sebanarnya, hal tersebut disebabkan oleh diri kita yang belum bisa berdamai dengan masa lalu atau belum bisa move on.

Setelah terjatuh biasanya seseorang selalu berasalan ingin sendiri dulu, padahal sebenarnya karena belum bisa bangkit dari trauma masa lalu.

Ada beberapa tips yang bisa kita lakukan agar bisa move on, berikut caranya:

Masa Lalu Bukan Untuk Dilupakan
Ketahuilah bahwa kita sebagai manusia tidak akan pernah bisa melupakan, apalagi kejadian yang paling menyakitkan.

Loading...

Yang bisa kita lakukan adalah menerima kenyataan dan katakan kepada diri sendiri bahwa yang terjadi adalah proses kehidupan.

Ahli dari Clinical Psychologist & Hypnotherapist, Liza M. Djaprie mengatakan, seseorang hanya bisa berasumsi bahwa dirinya sudah bisa melupakan masa lalu yang menyakitkan itu, padahal sebenarnya tidak.

Contoh, ketika mendengar nama orang lain yang sama persis dengan masa lalunya, maka dia akan langsung mengingatnya dan terbesit bertanya-tanya bagaimana kabarnya.

Cara Cepat Move On Dari Trauma Masa Lalu
Move on dari masa lalu yang menyakitkan itu memang tidak mudah, tapi bukan berarti tidak bisa usahakan. Ada dua hal yang harus diprioritaskan jika ingin cepat move on, yaitu:

1. Menerima Kenyataan
Agar bisa menerima kenyataan, maka anda harus peka terhadap perasaan sendiri. Ingatlah bahwa kenyataan hidup harus tetap berjalan meski tanpa dia.

2. Memaafkan Diri Sendiri dan Memaafkan Orang yang Menyakiti
Jangan menyalahkan diri sendiri atas kegagalan di masa lalu hingga terjebak pada lembah menyakitkan. Mungkin itu mudah, tapi memaafkan orang yang pernah menyakiti itu yang susah.

Tapi itu harus dilakukan, karena bagaimana pun hidup telah berlalu. Meski kau tidak memaafkan dia, hidup dia akan tetap berjalan sebagai mana mestinya.

Justru jika kamu tidak memaafkan orang yang menyakiti hatimu akan berdampak buruk pada dirimu sendiri, karena tidak bisa fokus memikirkan masa depan yang lebih baik.

Mengaplikasikan 2 hal itu memang tidak mudah, tapi itulah kehidupan, ada proses dan fase yang harus kita lalui sebagai pembelajaran dan pembentuk karakter diri.

Jika kita ingin cepat move on maka kita harus bisa menerima keadaan, berusaha mengakui keadaan sendiri, lebih terbuka tentang apa yang kita rasakan.

Tags: #Cara Mudah Move On #Masa Lalu #Tips Move On