Masuk Surga Tanpa Hisab Dengan 3 Amalan Ini

2319 views

Ibadah itu urusan kita dengan Allah saja, kita meyakini bahwa dunia hanya sementara dan akhirat itu kekal.

Ketika di akhirat nanti kita semua ingin masuk surga. Tapi masuk surga itu tidak mudah, kita harus selalu beribadah dan mejauhi larangan Allah selama ini di dunia ini.

Selain ibadah sholat 5 waktu, ada beberapa amalan yang akan memudahkan kita masuk surga tanpa hisab, seperti yang dianjurkan oleh Ustadz Fauzan Amin selaku ketua umum Wadah Silaturahim Khotib Indonesia (WASATHI):

1. Melaksanakan Perintah Allah dan Menjauhi Larangan-Nya
Mengerjakan ibadah dan mengerjakan apa pun yang diperintahkan Allah. Juga menghindari dosa, makasiat, dan hal-hal lain yang dilarang Allah.

Inilah syarat utama dan amalan yang tak boleh dilewatkan oleh umat Islam jika ingin masuk surga ketika di akhirat nanti.

مَا مِنْ عَبْدٍ قَالَ : لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ ، ثُمَّ مَاتَ عَلَى ذَلِكَ ؛ إِلاَّ دَخَلَ الْـجَنَّةَ

“Tidaklah seorang hamba mengucapkan, La Ilaha Illalah (tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar selain Allah Azza wa Jalla ) kemudian ia mati dalam keadaan seperti itu, kecuali ia masuk surga”. (Hadits dari Abu Dzar RA)

Loading...

2. Perbanyak Membaca Kalima Tauhid
Kalimat tauhip seperti لا إله إلا الله bisa kita amalkan kapan saja di waktu senggang. Selain kalimatnya pendek dan cara bacanya mudah, maka amalan bisa dibaca kapan saja.

Keutamaan kalimat tauhid ini juga dipertegas dalam hadits Nabi berikut ini:

مَنْ شَهِدَ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ ، وَأَنَّ مُـحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ ، وَأَنَّ عِيْسَى عَبْدُ اللهِ وَرَسُوْلُهُ وَكَلِمَتُهُ أَلْقَاهَا إِلَـى مَرْيَمَ وَرُوْحٌ مِنْهُ ، وَأَنَّ الْـجَنَّةَ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ؛ أَدْخَلَهُ اللهُ الْـجَنَّةَ عَلَـى مَا كَانَ مِنَ الْعَمَلِ

“Barangsiapa bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar selain Allah Azza wa Jalla semata, tidak ada sekutu bagi-Nya; bahwa Muhammad SAW adalah hamba dan Rasul-Nya, bahwa Isa adalah hamba Allah Azza wa Jalla , Rasul-Nya, kalimat dan ruh-Nya yang dimasukkan kepada Maryam, bahwa surga itu benar, dan neraka itu benar, maka Allah Azza wa Jalla memasukkannya ke dalam surga menurut apa yang ia amalkan.”

3. Tidak Menyekutukan Allah
Jangan pernah menyekutukan Allah jika ingin masuk surga tanpa hisap, karena mengakui adanya Tuhan selain Allah itu tidak ampunan bagi siapa pun. Nabi bersabda:

تَعْبُدُ اللهَ لاَ تُشْرِكُ بِهِ شَيْئًا ، وَتُقِيْمُ الصَّلاَةَ الْـمَكْتُوْبَةَ ، وَتُؤَدِّي الزَّكَاةَ الْـمَفْرُوْضَةَ، وَتَصُوْمُ رَمَضَانَ

“Engkau beribadah kepada Allah Azza wa Jalla dan tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu, mengerjakan salat fardhu, membayar zakat yang wajib, dan berpuasa Ramadhan.”

Itulah 3 pokok dan amalan utama yang harus dikerjakan umat Islam jika ingin masuk surga tanpa hisab.

Tapi tidak cukup sampai disitu saja, ada amalan pendukung yang harus kita lakukan agar lebih mudah masuk surga kelak di hari pembalasan. Berikut ini selengkapnya:

  • Sholat sunah dengan menyempurnakan rukuk dan sujudnya dan tidak boleh riya’
  • Mengerjakan rukun Islam
  • Jadi imam sholat jamaah 5 waktu di masjid selama 7 tahun (bagi yang bisa jadi imam sholat)
  • Jadi muadzin sholat 5 waktu selama 40 tahun (jika bisa adzan)
  • Membantu umat Islam lain yang membutuhkan
  • Selalu menjaga sholat 5 waktu

Tags: #Amalan Surga #Masuk Surga #Tanpa Hisab