Mekkah Gersang, Nabi Ibrahim Hanya Beri Sebungkus Kurma Untuk Ismail

480 views

Dikisahkan dahulu di mekkah Nabi ibrahin, Nabi ismail dan Sitii Hajar. Pada saat itu, kota Mekah masih belum ada penghuni padat seperti sekrang ini. Dan tidak memiliki sumber air.

Oleh sebab itu Nabi Ibrahim menyiapkannya satu bungkus kurma dan satu kantong air untuk sang istri yaitu Sitti Hajar dan ananknya Ismail.

Kemudian Nabi Ibrahim  melangkah kaki dan semakin jaun melangkah meninggalkan keduanya di tempat itu.

Akan tetapi Sitti Hajar terus-meneerus mengikuti langkah suaminya seraya bertanya, “Wahai Ibrahim, hendak pergi kemana engkau ? Apakah engkau akan meninggalkan kami disini?”

Namun Nabi Ibrahim tidak menjawab sepatah kata pun, ia terus melangkah. Lantas, Hajar bertanya kembali, “Apakah Allah yang memerintahkanmu melakukan ini?”

“Ya,” jawab suaminya singkat.

Loading...

Lalu Hajar berkata, “Jika demikian, kami rela dengan ketetapan Allah”

Dan dengan besar hati Nabi Ibrahim terus melangkah meninggalkan Hajar dan Ismail, setelah melewati gunung yang menjulang tinggi hingga tak terlihat lagi keduanya.

Allah berfirman;

 

رَّبَّنَا إِنِّي أَسْكَنتُ مِن ذُرِّيَّتِي بِوَادٍ غَيْرِ ذِي زَرْعٍ عِندَ بَيْتِكَ الْمُحَرَّمِ رَبَّنَا لِيُقِيمُوا الصَّلَاةَ فَاجْعَلْ أَفْئِدَةً مِّنَ النَّاسِ تَهْوِي إِلَيْهِمْ وَارْزُقْهُم مِّنَ الثَّمَرَاتِ لَعَلَّهُمْ يَشْكُرُونَ

“Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, ya Tuhan kami (yang demikian itu) agar mereka mendirikan shalat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rezekilah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur.” (Qs Ibrahim [14] : 37).

Ketika Sampai pada waktunya, Allah menghidupkan tanah gersang itu dan dibangunnya  Kiblat yang menjadi shalat seluruh umat Muslim di dunia.

Tags: #Ibrahim Ismail #Ismail Hajar #Mekkah Gersang